Download our available apps

Disdukcapil Pekanbaru Sebut tak Ada Lonjakan Pendatang Pasca Idul Fitri
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru menyebutkan, hingga kini belum ada lonjakan pendatang yang masuk dan ingin menetap di Kota Bertuah pasca Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Hal itu ditandai dengan tidak adanya peningkatan jumlah warga yang mengurus surat keterangan pindah yang diproses Disdukcapil Pekanbaru.

"Bisa jadi ada yang pindah ke Pekanbaru (pasca Idul Fitri), tapi belum melapor ke kita. Ini kan sulit juga kita pantau. Tapi kalau untuk saat ini belum ada (lonjakan kepengurusan pindah)," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Kamis (25/4/2024).

Jika berpatokan tahun-tahun sebelumnya, kata dia, momen lebaran memang tidak ada peningkatan jumlah pendatang yang masuk dan kemudian ingin menetap di Kota Pekanbaru.

Baca Juga

"Biasanya kalau habis lebaran, jarang (ada pendatang dan ingin tinggal di Pekanbaru)," ucap Irma.

Lonjakan pendatang, lanjut Irma, biasanya terjadi jelang tahun ajaran baru. Yang mana banyak warga dari luar daerah yang ingin bersekolah di Pekanbaru.

"Jadi kalau habis lebaran, biasanya tidak signifikan. Yang signifikan itu ketika tahun ajaran baru, ada yang pindah kuliah, SMA nya mungkin ke Pekanbaru. Tapi kalau habis lebaran, jarang," tutupnya.***