Download our available apps

Halal bi Halal dengan Pj Walikota Pekanbaru, Ratusan Warga Padati Pendopo Tobek Godang
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memberikan arahan saat halal bi halal dengan ratusan warga di Kecamatan Binawidya, Selasa (30/4/2024) malam.

Betuah Pekanbaru - Ratusan warga di Kecamatan Binawidya, memadati pendopo di depan kantor Kelurahan Tobek Godang saat halal bi halal dengan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Selasa (30/4/2024) malam.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa, Anggota DPRD Sigit Yuwono, Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut dan Asisten III Samto.

Kemudian hadir juga sejumah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Binawidya dah jajaran lurah, tokoh masyarakat, Forum RT/RW, LPM dan kader posyandu.

Halal bi halal juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Dr H Mawardi M Saleh Lc MA.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Pj walikota menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepad warga karena sudah diundang dalam acara silaturahmi dan halal bi halal tersebut.

"Alhamdulillah ramai sekali yang hadir malam hari ini. Ini merupakan agenda yang baik, karena kita tahu hari ini masih dalam Bulan Syawal. Selaku umat muslim, di samping memperbaiki hubungan dengan Allah, kita juga harus memperbaiki hubungan dengan sesama manusia," ucapnya.

"Untuk itu, (halal bi halal) inilah wadah kita, mari kita saling memberi maaf. Mari kita gunakan momen ini untuk saling memaafkan," ajaknya menambahkan.

Kemudian, Pj walikota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah mendukungnya selama memimpin Kota Bertuah sejak 22 Mei 2022 lalu.

"Tak terasa sudah dua tahun kami diamanahkan sebagai penjabat kepala daerah di Kota Pekanbaru ini. Kita sudah bersama-sama membangun kota ini. Walaupun belum sempurna, karena untuk membangun kota ini tidak mungkin selesai dalam waktu satu tahun, dua tahun, semua beproses," ujarnya.

Di kesempatan itu, Pj walikota turut menyampaikan lima program prioritas yang dijalankan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Ke-5 program prioritas dimaksud di antaranya bantuan beasiswa, santunan kematian, subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku UMKM, doctor on call, serta Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB).

Untuk bantuan beasiswa diberikan Pemko Pekanbaru dengan tujuan membantu biaya pendidikan khususnya untuk mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik, serta mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Selanjutnya santunan kematian sebesar Rp1 juta diberikan kepada ahli waris keluarga kurang mampu. Bantuan ini untuk membantu biaya penyelenggaraan jenazah, sekaligus sebagai bentuk kehadiran Pemko Pekanbaru di tengah-tengah masyarakat yang ditimpa musibah.

Lalu untuk program bantuan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku usaha mikro, diberikan supaya pelaku usaha bisa mengembangkan usaha sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

Dalam program ini, pelaku usaha mikro yang memenuhi persyaratan dapat mengajukan pinjaman sebesar Rp5 juta hingga Rp15 juta ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Nantinya, bunga pinjaman bank 12 persen akan ditanggung seluruhnya oleh Pemko Pekanbaru.

Seterusnya untuk program JKPB, warga bisa mengakses pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan cukup dengan menunjukan KTP.

Terakhir program kunjungan rumah masyarakat hidup sehat (Kurma Manis) atau doctor on call, Pemko Pekanbaru memberikan pelayanan kesehatan 24 jam. Di program ini, warga juga bisa menghubungi puskesmas terdekat jika tak mampu datang langsung ke puskesmas.***