Download our available apps

Raker Komwil I Apeksi di Pekanbaru Digelar 5 Hari, Ini Rangkaian Kegiatannya
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I Apeksi), kini sudah mulai berlangsung di Kota Pekanbaru.

Rangkana kegiatan diawali dengan sua pemuda dari 24 kota yang merupakan anggota Komwil I Apeksi pada Rabu (1/5/2024).

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP mengatakan, Raker Komwil I Apeksi merupakan kegiatan yang spesial karena menjadi satu bagian dengan Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (BBI/BWI).

"Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Raker komwil 1 Apeksi ini dimulai dari tanggal 1 hingga 5 Mei," ungkapnya.

Baca Juga

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP M.Si menambahkan, pada tanggal 2 Mei Raker Komwil I Apeksi dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

"FGD ini diikuti oleh sekretaris daerah kota anggota Komwil I Apeksi, dan seluruh sekda kabupaten/kota se-Provinsi Riau untuk membahas beberapa isu-isu strategis terkait dengan menajemen ASN dan anggaran," ucapnya.

Hasil pembahasa di FGD, terang Masykur, nantinya akan menjadi bagian dalam rekomendasi Raker Komwil I Apeksi. Kemudian pada malam harinya akan dilaksanakan jamuan makan malam bersama.

Selanjutnya pada Jumat, 3 Mei, terang Masykur, dilaksanakan raker yang diikuti oleh seluruh walikota anggota Komwil 1 Apeksi di Hotel Pangeran. Sementara bagi ketua TP PKK akan mengikuti kegiatan Ladies Program.

Pada siang harinya akan diisi dengan pentas seni, pawai budaya, Lancang Kuning Karnaval dan pembukaan City Expo yang diikuti kota Anggota Komwil 1 Apeksi di halaman Kantor Gubernur Riau.

Kemudian pada Jumat malam dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan festival lancang kuning yang akan memecahkan rekor MURI dengan penampilan 10 ribu penari.

"Lalu pada Sabtu tanggal 4 Mei, akan diikuti dengan kegiatan forum bisnis dan penanaman pohon yang lokasinya kita pusatkan di lahan Arboretum Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah Bandara Tenayan Raya," paparnya.

Sedangkan pada Minggu, 5 Mei, kegiatan dilanjutkan dengan Lancang Kuning Karnaval di halaman Gubernur Riau.

Diketahui juga, bersempena dengan kegiatan Raker Komwil I Apeksi dan Gerakan Nasional BBI dan BWI tersebut, sejumlah artis Ibukota juga turut dilibatkan. Rencananya, pada tanggal 3 Mei, akan menghadirkan Astrid Tiar dan Virgoun.

Sementara pada tanggal 4 Mei akan hadir model Berliana Lovel dan Band Gigi. Selanjutnya pada tanggal 5 akan hadir model Putri Marini dan Band Fourtwnty.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru dipercaya sebagai tuan rumah Raker Komwil I Apeksi 2024. Komwil I sendiri meliputi kota yang berada di wilayah Provinsi Riau, Sumut, Sumbar, Aceh dan Kepulauan Riau yang dipimpin oleh Walikota Medan Bobby Nasution. (rls)