Download our available apps

Investasi yang Masuk ke Pekanbaru di Triwulan I 2024 Capai Rp1,6 Triliun
Kepala DPMPTSP Pekanbaru Akmal Khairi

Betuah Pekanbaru - Terhitung Januari hingga Maret atau sepanjang triwulan I tahun 2024, investasi yang masuk ke Kota Pekanbaru mencapai Rp1,6 triliun.

"Realisasi investasi yang masuk terdiri dari Penananam Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA)," kata Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru Akmal Khairi, Senin (6/5/2024).

Ia menyampaikan, investasi Rp1,6 triliun itu menyerap sebanyak 2.491 tenaga kerja. Rinciannya PMDN berjumlah 2.353 tenaga kerja dan PMA 138 tenaga kerja.

"2.491 tenaga kerja ini seluruhnya merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), tidak ada Tenaga Kerja Asing (TKA)," ungkap Akmal.

Baca Juga

Disebutkannya, tahun ini Kota Pekanbaru diberikan target investasi oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp5,091 triliun.

"Sedangkan target pemerintah kota yang ada di renstra sebesar Rp4,9 triliun. Kita optimis target investasi ini tercapai," tutup Akmal.

Pada 2023 lalu, lanjut dia, investasi yang masuk ke Pekanbaru mencapai Rp6,5 triliun, jauh melebihi target yang ditetapkan Rp4,9 triliun.

Untuk investasi tertinggi tahun 2023 bersumber dari PMDN mencapai Rp5,8 triliun. Sedangkan untuk PMA hanya Rp 606 miliar.

"Jadi dari catatan kita, realisasi investasi tahun lalu didominasi PMDN, kebanyakan bergerak di sektor kehutanan," terang Akmal.

Sumbangan investasi dari sektor kehutanan pada PMDN 2023 mencapai Rp1 triliun. Sektor lainnya yang mendominasi dalam PMDN pada tahun lalu yakni perikanan dan pertambangan.***