Khutbah Jumat Ustadz HM Zulfadli, M.Pd di Masjid Al Hidayah: Keseimbangan Dunia dan Akhirat

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:41:35 WIB

Ustadz H. Muhammad Zulfadli, M.Pd.

Betuah Pekanbaru- Jumat 25 Oktober 2024/ 22 Rabiul Akhir 1446 H, pukul 12.03 WIB, kembali dilaksanakan ibadah rutin Sholat Jumat di Masjid Al Hidayah, Gang Al Hidayah, Jalan Asofa I Labuh Baru Barat, Payung Sekaki, Pekanbaru. Bertindak selaku Khotib dan imam sholat Jumat Ustadz H. Muhammad Zulfadli M.Pd dan muadzin Muhammad Daniel Firdaus.

Berdasarkan pantauan amirariau.com di lapangan, Sholat Jumat kali ini dihadiri sekitar 200 jamaah warga sekitar jalan asofa dan pekerja, karyawan disekitar Jalan Nangka Ujung.

Sebelum khatib naik mimbar, Ustadz Purna Warman selaku takmir masjid menyampaikan beberapa pengumuman tentang kegiatan masjid.

[caption id="attachment_73360" align="alignnone" width="624"] Pendiri Masjid Al Hidayah, H. Syahrul, bersama Pengurus Masjid danustadz H. Muhammad Zulfadli.[/caption]

"Untuk tahsin ikhwan masjid membuka kesempatan untuk jamah belajar tahsin Al Quran tiap hari Senin malam dan Kamis sore, silahkan untuk mengikuti, dan bagi jamaah yang ingin berpartisipasi dalam jumat berkah silahkan menghubungi pengurus masjid." info dari ustadz Purna Warman.

Pada kesempatan kali ini, Ustadz Zulfadli selaku khatib menyampaikan khutbahnya dengan tema keseimbangan dunia dan akhirat .

"Merujuk dari Alquran surah Al Qashash ayat 77 menjadi dalil yang lugas dan jelas pentingnya keseimbangan hidup dunia dan Akhirat, Allah memerintahkan untuk mengambil rezeki di dunia dan jangan sampai lupa terhadap rezeki di akhirat," ujar Ustadz Zulfadli.

"Manusia diperintahkan untuk bekerja dan berusaha untuk kepentingan dunia dan akhirat dengan 4 sikap hidup, yaitu orientasi akhirat, potensi memakmurkan dunia terbaik, orientasi berbuat baik dan jangan berbuat merusak," tutur ustadz Zulfadli.

Di Khutbah kali ini Ustadz Zulfadli juga memberikan tips atau cara untuk mendaptkan potensi dunia terbaik. "Untuk mendapatkan dunia jadilah yang terbaik, menjadi kaya dengan menjadi pedagang, berikan yang terbaik untuk usaha, jadilah yang terbaik untuk badan kita menjadi pemuda yang gagah dengan menjaga kesehatan, jujur dalam setiap langkah perbuatan dan jangan lupakan memperbanyak teman atau relasi kerjasama. Karena dengan memakmurkan dunia kita bisa banyak beramal untuk bekal di akhirat," pungkas ustadz Zulfadli.

Di penutup kegiatan sholat jumat, secara rutin dilakukan pembagian nasi kotak jumat berkah untuk makan siang bersama yang rutin disiapkan Haji Sahrul selaku pendiri masjid Al-Hidayah Pekanbaru dan beberapa donatur warga sekitar.

"Alhamdulillah jumat kali ini kita ada tambahan nasi kotak dari Bebek Madura Bu Achi, Warung Lili, Catering bu Nur, Ampera Tanpa Nama, Ampera Lubuk Bangku, Mie Balap Tenda Biru, Sarapan Pagi Mbak Rini, Ampera Ajo Don, Ayam geprek Hakiki, RM. Putra Sederhana, RM Sinar Muda Arengka 2 dan 2 hamba Allah.Terima kasih kepada Haji Sahrul dan para donatur atas partisipasinya dalam Jumat Berkah bersama masjid Al Hidayah, semoga menjadi amal jariah," ungkap Pengurus Masjid Al Hidayah.

Disisi lain, salah satu jamaah menyampaikan rasa terima kasih dan harapan ke masjid Al Hidayah.

"Alhamdulillah tiap jumat kita selalu ke masjid Al Hidayah, tempatnya strategis, bersih dan mudah parkir, serta disediakan nasi kotak yang bisa kita nikmati untuk makan siang. Ke depannya semoga Masjid Al-Hidayah bisa mengadakan jadwal kajian rutin ustadz yang bisa kita ikuti, setidaknya kultum setelah selesai sholat dhuhur," harapan dari Imron salah satu jamaah yang rutin datang ke masjid Al Hidayah.***