Besok, Puluhan Desa di Kampar Gelar Pilkades Serentak

Senin, 25 November 2019 - 21:06:44 WIB

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat memantau persiapan pelaksanaan Pilkades serentak dan bergelombang, Senin (25/11/2019).

BETUAH.COM, BANGKINANG - Puluhan desa yang tersebar di 19 kecamatan se Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak dan bergelombang terhitung Selasa (26/11/2019).

Untuk memastikan pilkades berjalan lancar, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bersama Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan, Sekdakab Yusri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Febrinaldi Tridarmawan dan Camat Bangkinang, meninjau persiapan pelaksanaan pilkades di sejumlah desa, Senin (25/11/2019).

Peninjauan perdana digelar Bupati Catur dan rombongan di beberapa lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Kecamatan Bangkinang seperti di Desa Binuang.

Dalam peninjauan di Desa Binuang tepatnya di TPS 1, Catur menyampaikan agar kepala desa harus kreatif dan Inovatif mengajak warganya datang beramai-ramai untuk memberikan hak pilih.

"Kepala desa dalam mengajak masyarakatnya agar mendatangi TPS harus kreatif dan inovatif," pintanya.

Selain itu, pesan Catur, panitia pemungutan suara juga harus membuat inovasi sehingga warga tertarik untuk datang ke TPS.

Usai peninjauan di Desa Binuang, Bupati Catur dan rombongan melanjutkan pemantauan ke Desa Bukit Sembilan, Kecamatan Bangkinang. Dalam arahannya, Catur menyampaikan agar panitia tidak membeda-bedakan calon kepala desa.

"Panitia juga harus pro aktif dalam mempersiapkan logistik pilkades serta aktif dalam memberikan surat kepada perusahaan yang beroperasi di wilayahnya agar memberikan waktu kepada karyawan untuk melakukan pencoblosan suara untuk memilih kepala desa," pinta dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Febrinaldi Tridarmawan mengungkapkan, sesuai Peraturan Bupati Nomor 140-639/X/2019 tentang tahapan dan penetapan desa peserta pemilihan kepala desa serentak dan bergelombang di tahun 2019 dan dalam rangka mensukseskan pilkades bergelombang tahun 2019 yang berjumlah 54 desa di 19 Kecamatan, seluruh desa yang melaksanakan pilkades serentak bergelombang tahun 2019 pada saat pemungutan agar diberika dispensasi kepada karyawan bagi instansi/lembaga pemerintah/lembaga pemerintah daerah/pemerintah desa/perusahaan/sekolah dan siswa dan siswi sekolah menengah atas.

Kemudian pada ayat kedua perbub di atas mengimbau kepada masyarakat desa untuk tidak berpergian keluar desa/daerah agar dapat menggunakan hak pilihnya.

Febrinaldi Tjuga menjelaskan ada 54 di 19 Kecamatan Se-kabupaten Kampa,  Desa yang akan melakukan Pilkades serentak pada tanggal 26 Nopember 2019, Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Desa datang beramai-ramai untuk menggunakan Hak pilihnya untuk menentukan pemimpin desa 6 tahun ke depan. (rls)