Walikota Pekanbaru Hadiri Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa 2019

Senin, 11 November 2019 - 22:47:09 WIB

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT bersama Sekdako Muhammad Noer dan sejumlah pejabat pemko saat meninjau Stan Pekanbaru di Balai Sudirman Jalan Dr Suharjo Menteng.

JAKARTA - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) pengadaan barang dan jasa tahun 2019 yang dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/11/2019).

Rakornas yang juga diikuti kepala daerah di Indonesia dengan tema "Transformasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Era Digital untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju" ini dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT saat menghadiri rakornas pengadaan barang dan jasa di JCC.

Hadir juga ada kegiatan itu Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpan RB Tjahjo Kumolo, serta Kepala LPJK Ruslan Rivai.

Dikatakan Walikota, dalam rakornas tersebut Presiden Jokowi menyampaikan meskipun peran swasta di bidang ekonomi sangat dominan, namun peran APBN tetap penting. Maka itu, pengadaan barang dan jasa merupakan penggerak penting guna memacu pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah.

"Jadi, kesimpulan dari rakornas ini supaya pengadaan barang dan jasa bisa dilaksanakan di awal tahun. Tujuannya agar penyerapan anggaran bisa lebih cepat dan bisa lebih mengutamakan penggunaan produksi dalam negeri guna mengurangi barang impor," ungkap Walikota.

"Karena tadi bapak presiden bilang dan mencontohkan sampai membuatnya pening, masak ia urusan cangkul kok masih impor? apakah tidak bisa didesain industri UKM kita, enak kali itu negara," ulas Walikota menirukan ucapan Presiden Jokowi.

Usai mengikuti Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa tahun 2019, Walikota langsung meninjau Stan Pekanbaru di Balai Sudirman Jalan Dr Suharjo Menteng. 

Turut mendampingi Walikota pada peninjauan itu, Sekdako Pekanbaru Muhammad Noer, Kepala Dinas Kominfo Firmansyah Eka Putra, Kepala Damkar Burhan Gurning, Kepala Perpustakaan dan Arsip dan Kabag Humas Setdako Pekanbaru Mas Irba Sulaiman. (advertorial)