Konsumsi Ikan di Pekanbaru Masih di Bawah 40 Kilogram per Kapita

Selasa, 26 November 2019 - 23:51:04 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus makan ikan bersama Forkopimda pada kampanye gerakan ayo makan ikan, di halaman kantor Camat Rumbai, Selasa (26/11/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, hingga kini tingkat konsumsi ikan warga Kota Bertuah masih berada di bawah 40 kilogram per kapita per tahun atau di bawah target konsumsi ikan nasional.

"Rendahnya konsumsi ikan ini tidak hanya terjadi di Pekanbaru, tapi juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya usai membuka kampanye gerakan ayo makan ikan, di halaman kantor Camat Rumbai, Selasa (26/11/2019).

Jika dibangdingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, kata Firdaus, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih jauh tertinggal.

"Malaysia dan Singapura, konsumsi ikan di sana sudah di atas 40 kg per kapita per tahun. Belum lagi di Jepang dan Korea yang sudah mencapai angka 140 kg per kapita per tahun," ucapnya.

Untuk itu, kampanye gerakan ayo makan ikan di Kecamatan Rumbai itu, ia mengajak warga untuk mulai membudayakan mengkonsumsi ikan.

"Karena untuk membangun masyarakat yang cerdas, ini harus dimulai dari anak usia dini dalam pembetukan IQ, sangat dibutuhkan omega 3 yang terkandung dalam ikan. Jadi, mari kita membudayakan makan ikan mulai dari keluarga kita," ajaknya.

Selain digelarnya kampanye gerakan masyarakat makan ikan, di kesempatan tersebut juga dilakukan perlombaan masak serba ikan. (abd)