Satpol PP Pekanbaru Sterilkan 5 Ruas Jalan dari PKL

Rabu, 27 November 2019 - 22:23:49 WIB

Personel Satpol PP Pekanbaru saat menertibkan PKL yang berjualan di bahu dan trotoar jalan, Rabu (27/11/2019).

BETUAH.COM, PEKABARU - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, Rabu (27/11/2019) melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di atas bahu dan trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Riau, Jalan Siak II, Jalan Air Hitam dan HR Soebrantas.

Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono menyebut, penertiban dilakukan lantaran para PKL masih tetap beraktivitas meski sudah berulang kali diperingatkan pihaknya.

"Seperti kita tahu, lokasi yang ditempati (PKL) bukan lokasi untuk berdagang. Kita tidak melarang masyarakat untuk berusaha, silahkan berdagang, tapi pada tempatnya," ujar dia.

Dikatakan Agus, keberadaan PKL di bahu dan trotoar jalan tak hanya melanggar peraturan daerah. Akan tetapi, mereka juga dinilai mengganggu kelancaran lalu lintas dan keindahan kota.

"Jadi, penertiban ini kita lakukan semata-mata untuk menjaga Kota Pekanbaru agar tetap indah dan tertib," tegas mantan Perwira TNI AD berpangkat Kolonel ini.

Selain menertibkan PKL, terang Agus, pihaknya sekaligus menyisir keberadaan rumah liar (rumli) di lima titik jalan yang disterilkan tersebut. Para pemilik rumli diminta mengosongkan dan membongkar sendiri hunian yang mereka bangun secara ilegal.

"Sambil menertibkan (PKL), kita juga membawak surat peringatan dan memberi teguran kepada penghuni rumah liar supaya dibongkar sendiri," tutupnya.

Sejak beberapa pekan terakhir, Satpol PP Pekanbaru aktif melakukan penertiban terhadap rumah liar. Penertiban menggunakan alat berat telah dilakukan di sejumlah titik seperti di sepanjang Jalan Garuda Sakti, Air Hitam dan Jalan Siak II. (abd)