Kapal Banawa Nusantara akan Layani Wisata Air di Kampar

Kamis, 28 November 2019 - 20:17:31 WIB

Sekdakab Kampar Yusri, saat meninjau kondisi Kapal Banawa Nusantara yang terparkir di lokasi Bangkinang River Side di Bangkinang Kota, Kamis (28/11/2019).

BETUAH.COM, BANGKINANG - Banawa Nusantara, satu unit kapal bantuan yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dari Pemerintah Pusat, akan dijadikan sebagai transportasi wisata air bagi warga di daerah berjuluk Serambi Mekkah Riau itu.

"Sehingga mereka (warga) tidak perlu jauh-jauh lagi berwisata ke daerah lain," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar Yusri, saat meninjau kondisi Kapal Banawa Nusantara yang telah terparkir di lokasi Bangkinang River Side di Bangkinang Kota, Kamis (28/11/2019).

Untuk mengoperasikan dan merawat Banawa Nusantara, kata Yusri, diperlukan peraturan bupati (perbup) sebagai payung hukum terutama dalam pemakaian anggaran.

"Agar sarana transportasi ini bisa kita gunakan dan difungsikan dengan baik, kita akan memohon kepada Bupati Kampar untuk membuat peraturan bupati terkait penggunaan kapal ini," ucap dia.

Disampaikan Yusri, saat ini terdapat sejumlah kendala yang dihadapi jika Banawa Nusantara mulai dioperasikan. Di antaranya kondisi Sungai Kampar yang masih dangkal, sampah di sungai dan gundukan kayu yang dinilai dapat mengganggu mobilitas kapal tersebut.

"Untuk itu, ke depan kita akan melakukan pembersihan di sepanjang Sungai Kampar secara bertahap sampai akhirnya semua bersih dan kapal bisa beroperasi dengan baik," jelas Yusri.

Yusr, berharap dengan adanya kapal itu akan menambah kemajuan wisata Kabupaten Kampar di lokasi perairan. "Sehingga akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi wisata tersebut," tutupnya. (rls)