Bantu Modal Usaha, Walikota Pekanbaru Yakin Disabilitas Bisa Mandiri

Ahad, 01 Desember 2019 - 18:15:37 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus, menyuapkan nasi tumpeng kepada penyandang disabilitas pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019 di halaman MPP Pekanbaru, Minggu (1/12/2019) pagi.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, memberikan bantuan berupa modal usaha kepada sejumlah penyandang disabilitas agar bisa menjadi wirausahawan.

Bantuan modal itu diserahkan secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019 di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (1/12/2019) pagi.

"Mereka juga didorong untuk terlibat dalam pemberdayaan eknomi. Mereka diajak untuk berwirausaha agar lebih mandiri," ujarnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyerahkan bantuan pembuatan kaki palsu kepada penyandang disabilitas.

Dikatakan Firdaus, di balik keterbatasannya, penyandang disabilitas juga memiliki banyak potensi untuk berkreasi. "Banyak kelebihan yang diberikan Allah, walau para penyandang disabilitas punya kekurangan," ujarnya.

Untuk mengembangkan potensi yang ada, Firdaus mengajak semua pihak memberikan kesempatan atau peluang kerja yang sama bagi penyandang disabilitas.

"Pemerintah kota, tahun ini telah menyediakan 7 formasi khusus bagi disabilitas pada penerimaan CPNS. Mereka punya kesempatan untuk berkarya sebagai abdi negara. Tidak hanya itu, BUMD di Kota Pekanbaru juga siap membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas," ucapnya.

Selain memberikan bantuan modal usaha, pemerintah kota melalui Dinas Sosial juga menyalurkan alat bantu hingga pembuatan kaki palsu bagi penyandang disabilitas.

Dinas Sosial juga menyalurkan sebanyak 259 paket sembako bagi penyandang disabilitas. Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kota Pekanbaru. (abd)