70 Persen Sekolah di Pekanbaru Sudah Berwawasan Lingkungan

Senin, 02 Desember 2019 - 12:58:08 WIB

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sekitar 70 persen sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Pekanbaru, kini sudah menerapkan program sekolah berwawasan lingkungan atau adiwiyata.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal menyebut, melalui program Adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah termasuk masyarakat di sekitar sekolah bersangkutan dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau merupakan lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

"Tujuan pembentukan sekolah berwawasan lingkungan ini kan agar seluruh pihak terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi saat ini dan yang akan datang," ungkapnya, Senin (2/12/2019).

Menurut Jamal, meski program Adiwiyata digagas oleh Kementarian Lingkungan Hidup, namun selaku instansi yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan, Dinas Pendidikan berkomitmen mendukung program tersebut terlaksana sepenuhnya pada semua sekolah di Pekanbaru.

"Program Adiwiyata merupakan pembelajaran secara tidak langsung yang akan didapatkan oleh siswa. Kami di lembaga pendidikan mendukung program ini terlaksana, bahkan membantu dinas terkait lainnya mengoptimalkan pelaksanaannya," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Jamal, selain Adiwiyata, sekolah di Pekanbaru juga mulai menjalankan berbagai program terkait kebersihan lingkungan seperti sekolah sehat, sekolah ramah anak dan sekolah sahabat keluarga.

"Nanti kita juga akan membentuk sekolah siaga," tutupnya. (abd)