Nissa Sabyan akan Ramaikan Gerhana Matahari Cincin di Siak

Senin, 02 Desember 2019 - 14:49:28 WIB

Ilustrasi gerhana matahari cincin/foto/okezone

BETUAH.COM, SIAK - Festival fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dapat dilihat di langit Kabupaten Siak pada 26 Desember 2019 mendatang, bakal diramaikan dengan penampilan artis ibukota Nissa Sabyan.

"Selain itu juga akan dilakukan pemutaran film IQRA' di Kampung Bunsur guna memeriahkan kegiatan nasional nanti," kata Bupati Siak Alfedri pada kegiatan Road to GMC di Lapangan Sepakbola Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Minggu (1/12/2019).

Dikatakan Alfedri, GMC yang merupakan fenomena langka itu akan melintas dan dapat disaksikan dengan kasat mata di wilayah Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

"Ini merupakan peristiwa alam yang luar biasa," ucapnya.

Disampaikan Alfedri, guna memeriahkan GMC nanti banyak iven yang akan digelar Pemerintah Kabupaten Siak dan diharapkan mampu menjadi momen guna menarik minat wisatawan untuk datang ke Negeri Istana tersebut.

"Sementara untuk mendukung pariwisata, pihak LAPAN bersama Kemristekdikti akan mengadakan workshop teropong lubang jarum untuk 100 peserta, pameran fotografi gerhana matahari, dan kamera obscura," terang dia.

Alfedri berharap festival GMC dapat mengedukasi masyarakat tentang fenomena alam gerhana matahari cincin. Setiap agenda direncanakan dengan matang agar acara berjalan sukses dan memenuhi target.

"Fenomena ini merupakan suatu keberkahan bagi Kampung Bunsur Kecamatan Sungai apit Kabupaten Siak sebagai Pusat untuk melihat Gerhana Matahari Cincin," tutupnya.

Untuk diketahui, LAPAN memilih Kabupaten Siak sebagai tempat diselenggarakannya festival Gerhana Matahari Cincin karena dianggap sebagai lokasi ideal untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Festival sendiri akan diadakan di dua titik di Siak, di antaranya di lapangan bola Desa Bunsur dan Kota Siak, Sri Indrapura, tepatnya di Taman Tengku Agung, dan Water Front City.

Selain di dua wilayah tersebut, masyarakat Indonesia dapat menikmati gerhana matahari cincin di daerah lain, seperti Padang Sidempuan, Sibolga, Kepulauan Riau, dan sebagian wilayah Kalimantan Barat, seperti Singkawang. (abd)