10 Destinasi Wisata Pekanbaru Ini Menarik untuk Anda Kunjungi

Ahad, 08 Desember 2019 - 14:59:01 WIB

Destinasi Wisata Asia Farm Pekanbaru

SEBAGAI pusat perdagangan dan jasa di Provinsi Riau, Kota Pekanbaru juga memiliki banyak keindahan alam dan destinasi wisata yang tentunya sangat menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga.

Jadi bagi warga Pekanbaru yang haus dengan tempat rekreasi, jangan bingun. Berikut destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu libur akhir pekan bersama keluarga tercinta.

1. Asia Farm

Meski tergolong lokasi wisata baru di Kota Bertuah, namun Asia Farm yang merupakan tempat wisata edukasi dengan konsep agrowisata, mall, dan waterpark di Jalan Badak, Kecamatan Tenayan Raya ini sudah menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjungi.

Berkunjung ke Asia Farm, pengunjung dipastikan akan merasakan sensasi berlibur di negara Eropa.

Karena di lokasi wisata ini sangat banyak bangunan yang mirip dengan bangunan kuno yang ada di Eropa. Di antaranya Rumah Hobbit ala New Zealand, Rumah Jam ala Jerman dan Foodstreet ala Venice.

Kemudian ada juga kincir angin raksasa, rumah Jepang kuno ala kampung para Samurai sekaligus kolam ikan koi di halamannya.

Tak hanya itu, objek wisata yang dibangun di atas lahan seluas 4 hektar ini juga bisa mengedukasi anda di bidang cocok tanam pertanian dan peternakan hingga edukasi alam lainnya.

Wisata edukasi Asia Farm bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

2. Danau Buatan

Danau Buatan atau Danau Bandar Khayangan yang terletak di Kecamatan Rumbai Pesisir, merupakan salah satu destinasi wisata bernuansa alami yang ada di Ibukota Provinsi Riau.

Suasana danau yang tenang, hijau, dan luas menjadi daya tarik utama banyaknya kunjungan wisatawan. Apalagi saat senja, pemandangan di sekitar area danau sangat indah. Stres, penat dan lelah dijamin akan hilang deh.

Di sekitar danau juga banyak warung-warung yang menyediakan kuliner khas Pekanbaru, seperti Sup Tunjang yang lezatnya akan membuat anda ketagihan. Jangan lewatkan juga untuk berfoto di jembatan gantung tua yang instaworthy banget.

Di Danau Khayangan, pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menggunakan sampan atau speedboat, dan para pengunjung juga dapat mendaki bukit di sekitar danau.

3. Alam Mayang

Lokasi wisata satu ini juga merupakan tempat favorit bagi warga Pekanbaru untuk berlibur. Dengan mengusung konsep rekreasi di alam terbuka, Taman Rekreasi Alam Mayang menyediakan aneka kegiatan luar ruangan yang asyik.

Mulai dari banana boat, tempat bermain anak, hingga memancing bisa kamu lakukan di sini. 

Bahkan, ikan tangkapan hasil memancing boleh kamu bawa pulang lho. Jangan lupa juga untuk berfoto di aneka spot yang instaworthy di area taman. Jadi tidak akan rugi deh mampir ke Alam Mayang yang terletak di Jalan H Imam Munanda, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru ini.

4. Desa Okura

Sejak 2010, Desa Okura diresmikan menjadi desa wisata di Provinsi Riau. Suku asli Melayu-Riau masih tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak. Uniknya, kamu bisa menuju desa ini melalui jalan darat atau melalui jalur sungai dari Pelabuhan Sungai Duku.

Di sini, kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk kesibukan Kota Pekanbaru. Selain itu, kamu bisa melakukan aneka aktivitas seperti menyusuri sungai, melihat kehidupan suku asli Desa Okura, bersepeda diantara rimbunan pohon sagu hingga berkuda.

Memiliki kawasan agrowisata, Desa Wisata Okura di Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru ini menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan. Di wisata Okura, pengunjung juga wisa memancing di aliran Sungai Siak.

5. Riau Fantasi

Wisata Riau Fantasi merupakan gabungan dari Labersa Theme Park dan Labersa Water Park. Labersa Water Park sendiri merupakan taman bermain air terbesar di Sumatera. 

Di lokasi wisata yang terletak di Jalan Labersa, Kota Pekanbaru ini terdapat lima kolam dengan tema dan kedalaman yang berbeda. Kamu bisa memacu adrenalin dengan menuruni papan luncur atau sekedar malas-malasan mengapung di atas kolam.

Jika sedang tidak mood bermain air, kamu bisa seru-seruan bersama teman atau keluarga di Labersa Theme Park. Tersedia aneka permainan yang akan memacu degup jantungmu seperti Kora-Kora, Sky Tower, Wave Blaster, Speedy Coaster, dan Family Swinger. Seru sekali, kan?

Menjadi taman rekreasi terbesar di Sumatera, Riau Fantasi berdiri di lahan seluas 6,5 hektar. Hal yang menjadikan Riau Fantasi tempat wisata Pekanbaru yang unik karena dipisahkan antara wahana basah dan wahana kering.

Di wahana basah terdapat beberapa jenis kolam, sedangkan di wahana kering ada bermacam-macam wahana yang menguji adrenalin seperti kora-kora, wave blaster, dan lain lain.

6. Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi yang terletak di Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru ini merupakan salah satu wisata sejarah peninggalan Kerajaan Siak Sri Inderapura.

Tempat wisata sejarah ini menjadi ramai juga dikarenakan faktor tempat yang berdekatan dengan aliran Sungai Siak.

7. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama adalah objek wisata di Pekanbaru yang bisa dikunjungi untuk memperdalam pengetahuan mengenai ibukota Provinsi Riau.

Di objek wisata yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru ini, pengunjung dapat melihat beberapa peninggalan bersejarah Provinsi Riau seperti pakaian adat, alat musik dari berbagai daerah di Riau, dan benda-benda kerajinan lainnya.

8. Masjid Agung An Nur

Di Kota Pekanbaru juga ada Masjid Agung An-nur yang merupakan wisata religi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Arsitektur bangunan yang sangat indah, menjadikan Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Riau.

Memadukan gaya Melayu, Turki, Arab, dan India, wisata religi yang terletak di Jalan Hangtuah ujung ini dikenal sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Pada malam hari, lampu warna-warni yang dipantulkan dari kolam menambah keindahan suasana di sekitar Masjid Agung An-Nur.

9. Pustaka Soeman HS

Perpustakaan mungkin selalu berkesan jadul dan kuno. Namun tidak dengan perpustakaan Soeman HS atau Pustaka Wilayah yang ada di Kota Pekanbaru ini. Kesan modern dan futuristik langsung terlihat dari desain bangunannya yang megah dan unik.

Tidak hanya bisa membaca berbagai macam arsip sejarah dan aneka koleksi buku, dari lantai atas kamu juga bisa memandang Kota Pekanbaru dari ketinggian.

Layaknya sebuah pusat perbelanjaan modern, perpustakaan Soeman HS yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru ini dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah di Sumatera. 

Keindahan dari perpustakaan ini tidak hanya dinilai dari bentuk bangunan gedung yang seperti buku sedang dibuka, namun juga karena fasilitas yang ditawarkan lengkap, yaitu WiFi, buku-buku edisi baru, komputer, ruangan ber-AC, dan lain-lain. Tak heran tempat ini kerap dijadikan tujuan wisata di Kota Pekanbaru.

10. Anjungan Seni Idrus Tintin

Berdiri megah di kompleks Bandar Serai Pekanbaru, anjungan Seni Idrus Tintin merupakan tempat yang sering dipakai untuk menampilkan pertunjukan seni. 

Para wisatawan dapat berfoto atau hanya sekadar duduk santai menikmati keindahan arsitektur yang ditawarkan tempat wisata di Kota Pekanbaru satu ini.

Arsitektur khas budaya Melayu Riau adalah salah satu faktor penting yang memancing para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Jalan Diponegoro Pekanbaru ini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dikutip dari berbagai sumber dan bisa anda kunjungi di Kota Pekanbaru, Provisi Riau. ***