Musim Hujan, Warga Pekanbaru Diajak Antisipasi Denam Berdarah

Selasa, 10 Desember 2019 - 14:10:58 WIB

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin

BETUAH.COM, PEKANBARU - Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengajak warga untuk terlibat aktif mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin menyebut, ada banyak hal yang dapat dilakukan warga untuk mencegah serta meminimalsiri demem berdarah.

"Seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal, dengan selalu menerapkan 3M plus. Menguras, membuang dan mengubur benda-benda bekas yang dapat menampung air karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah," ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Kemudian, kata Amin, warga juga harus membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, maka lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat," ucap mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru ini.

"Karena jentik nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah, itu akan mudah berkembang biak di lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. Itulah salah satu alasan mengapa warga diajak berperilaku hidup bersih dan sehat," ulasnya.

Menurut Amin, tanpa adanya peran serta warga, maka apapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir demam berdarah tetap tidak akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

"Jadi, peran warga juga sangat penting. Sebab selagi warga tidak ikut terlibat, maka sekuat apapun upaya pemberantasan yang dilakukan pemerintah, itu tetap akan gagal," tegas dia.

Untuk jumlah kasus demam berdarah sendiri, disampaikan Amin masih tahap pengumpulan data oleh pihaknya dari seluruh Puskesmas se-Kota Pekanbaru. "Data terbaru belum masuk ke saya, mungkin masih direkap. Kalau sudah ada, nanti kita informasikan," tutupnya. (abd)