Pekanbaru Kota Peduli Hak Asasi Manusia Tingkat Nasional

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:16:21 WIB

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi saat menerima penghargaan Kota Peduli HAM dari Direktur Jendral HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

BETUAH.COM, BANDUNG - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menerima penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2019 dari Kementerian Hukum dan HAM.

Penghargaan itu diserahkan oleh Direktur Jendral HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi kepada Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, pada puncak peringatan Hari HAM se-dunia ke-71 yang dipusatkan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Usai menerima penghargaan, Ayat Cahyadi menyampaikan ucapan syukur dengan penghargaan yang diterima.

"Alhamdulillah, Kota kita termasuk peduli HAM. Sejauh ini pemerintah kota tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakat," ucapnya.

Pada tahuh ini, terdapat sebanyak 425 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan hak asasi manusia kepada Kemenkum HAM.

Namun dari hasil penilaian yang dilakukan Kemenkum HAM, hanya 272 kabupaten/kota di antaranya yang memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 kabupaten/kota dikategorikan cukup Peduli HAM. 

Ada sejumlah perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM. Salah satunya penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM. (abd)