Satgas Disperindag Pekanbaru Awasi Pangkalan Elpiji 3 Kg

Kamis, 12 Desember 2019 - 22:44:32 WIB

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, memiliki sebanyak 80 personel satuan tugas (satgas) yang siap disebar mengawasi pendistribusian elpiji 3 kilogram (kg) di tiap pangkalan.

"Satgas kita saat ini ada sekitar 80 orang. Mereka siap diterjunkan (memantau pangkalan)," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (12/12/2019).

Selain memantau pendistribusian gas di pangkalan, sebut Ingot, Satgas Disperindag juga melakukan pengawasan terhadap gas yang dijual secara ecer. Satgas akan menggali informasi di lapangan terkait asal gas yang dijual secara ecer tersebut.

"Kita akan tanya (ke pengecer) ambil (gas) dari pangkalan mana. Begitu mereka beritahu, pangkalannya langsung kita tindak," ujarnya.

"Kalau pengecernya juga bisa kita amankan. Bisa kita laporkan ke kepolisian," tegasnya menambahkan.

Meski memiliki puluhan personel satgas, namun Disperindag tetap mengajak peran aktif warga dan RT-RW untuk sama-sama mengawasi pendistribusian elpiji yang disubsidi pemerintah itu.

"Karena satgas kita ini tidak hanya bertugas mengawasi elpiji saja. Tapi mereka juga melakukan penertiban di dalam lingkungan pasar dan juga membantu penertiban pedagang kaki lima dan tugas lainnya," ucap dia.

Dengan keterbatasan personel ditambah banyaknya beban kerja, Ingot mengakui tidak bisa dilakukan pengawasan secara menyeluruh mengingat jumlah pangkalan elpiji 3 kg yang ada di Kota Pekanbaru mencapai 800 pangkalan.

"Untuk itu, peran serta pejabat di wilayah setempat dan masyarakat juga kita butuhkan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sepanjang 2019 ini Disperindag Pekanbaru telah menindak sebanyak 33 pangkalan nakal. 7 di antaranya diberikan sanksi tegas berupa Pemutusan Hubungan Usaha (PHU). (abd)