Lurah Tobek Godang Goro Bersihkan Drainase dan Pemukiman Bersama Warga

Ahad, 15 Desember 2019 - 11:44:39 WIB

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat dan Wakil Ketua KNPI Kecamatan Tampan Bidang Olahraga Januardi Afandi, turut membersihkan sampah saat goro bersama warga di perbatasan RW 02 dan RW 03, Minggu (15/12/2019) pagi.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, gotong royong (goro) membersihkan saluran pembuangan air (drainase) dan kawasan pemukiman bersama warga di RW 03 dan RW 02, Minggu (15/12/2019) pagi.

Goro juga diikuti Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Tampan Bidang Olahraga Januardi Afandi, Ketau RW 02 Budi Santoso dan sejumlah RT, serta puluhan mahasiswa Keperawatan dari Universitas Riau (UR).

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat mengatakan, goro membersihkan saluran pembuangan air bertujuan mengantisipasi banjir mengingat Kota Pekanbaru kini tengah memasuki musim penghujan.

"Goro ini merupakan rutinitas kita setiap pekan bersama warga. Setiap RW kita jadwalkan melaksanakan gotong royong," ungkapnya.

Kemudian goro membersihkan kawasan pemukiman, terang Yasir, bertujuan meminimalisir Demam Berdarah Dengue (DBD) yang rentan menyerang warga di musim penghujan.

"Karena sama-sama kita ketahui pada musim penghujan sangat rawan dengan kasus demam berdarah. Makanya selain membersihkan drainase, kita juga bersihkan kawasan pemukiman," ujarnya.

Warga, lanjut Yasir, juga terus dihimbau menerapkan 3 M plus, menguras, membuang dan mengubur benda-benda bekas yang dapat menampung air, serta membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, maka lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat," tutup Yasir. (abd)