7 Surga Wisata Alam di Kabupaten Kampar Ini Wajib Kamu Ketahui

Rabu, 18 Desember 2019 - 15:33:35 WIB

Air Terjun Batang Kapas

KABUPATEN Kampar merupakan salah satu kabupaten tertua di Provinsi Riau. Di daerah yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Namun, kali ini kita fokus mengangkat objek wisata alami yang merupakan 'Surga Tersembunyi' di daerah berjuluk "Serambi Mekkah Riau" ini yang bisa menjadi referensi wisata untuk Anda kunjungi.

Berikut 7 wisata alami yang merupakan "Surga Tersembunyi" di Kabupaten Kampar seperti dikutip dari berbagai sumber;

1. Rimbang Baling

Rimbang Baling merupakan kawasan suaka margasatwa Riau yang terletak di wilayah Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Keindahan alam di kawasan ini masih sangat asli dan eksotik.

Pesona alam di kawasan Rimbang Baling tak kalah hebat dengan destinasi wisata terkenal lainnya di Indonesia. Tak khayal, kunjungan wisatawan ke "Surga Tersembunyi" di Kabupaten Kampar yang satu ini capai 3.000 orang per bulan.

Di lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang masih sangat alami. Anda juga dapat berkeliling untuk melihat keindahan alam Rimbang Baling dengan menaiki perahu masyarakat sekitar.

Dengan kekayaan alam yang masih melimpah tersebut, Rimbang Baling pun ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Favorit di Provinsi Riau tahun 2019.

2. Ulu Kasok

Foto @Marshal Razmi

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di Raja Ampat, tak perlu lagi harus ke Papua Barat, tapi cukup dengan mengunjungi lokasi wisata Ulu Kasok yang terletak di Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Namun untuk bisa mendapatkan pemandangan alam yang indah seperti di Raja Ampat, Anda mesti menuju ke puncak Ulu Kasok menggunakan sepeda motor karena medannya yang mendaki sulit dilalui kendaraan roda 4.

Agar lebih aman, Anda juga bisa naik ke puncak Ulu Kasok dengan berjalan kaki. Hanya saja butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke puncak.

Kemudian di sepanjang perjalanan menuju puncak Ulu Kasok, banyak terdapat spot-spot untuk selfie maupun wefie. Kalau ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, di setiap spot sudah ada petugas foto dengan biaya satu jepretan SLR sebesar Rp2 ribu.

Di sepanjang jalan menuju puncak Ulu Kasok, juga terdapat pedagang makanan dan minuman. Harga makanan dan minumannya masih standar.

Tak hanya itu, jika Anda ingin punya cinderemata, juga ada pedagang baju kaos bertulisan Ulu Kasok dengan view mirip Raja Ampat. Dijamin, kepenatan selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan birunya waduk Koto Panjang beserta hamparan beberapa pulau hijau yang bisa Anda nikmati dari atas puncak.

3. Puncak Mahligai Indah

Foto @Oliviamadea

Wisata alam yang satu ini tak kalah indahnya dengan Rimbang Baling dan Ulu Kasok.

Puncak mahligai ini letaknya tidak terlalu jauh dari Ulu Kasok. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan gugusan pulau. Dari sudut lain, anda juga dapat mengarahkan kamera kepada rumah pohon dengan backround danau atau hutan di sekitarnya. 

Lokasinya wisata ini juga terdapat di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Tempat ini juga cocok untuk anda yang sangat ingin berselfie ria di atas pelantar kayu.

4. Sungai Gulamo

Foto @Bankk Syams

Untuk anda yang merupakan seorang traveller, maka tempat yang satu ini wajib dikunjungi. Hal ini dikarenakan Sungai Gulamo memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut adalah anda akan melihat dan menyaksikan keindahan sungainya yang begitu mempesona. 

Bahkan, tempat wisata ini juga disebut dengan Green Canyon-nya Kampar karena sangat mirip seperti Green Canyon yang terletak di Jawa Barat.
Ketika  sudah sampai ke tempat ini, anda akan melihat keindahan alamnya yang begitu asri. 

Dijamin, perjalanan menuju ke Sungai Gulamo ini akan sangat menyenangkan dan tidak akan membuat bosan. 

Agar bisa sampai ke tempat ini, anda bisa memulainya dari kota Pekanbaru dan menuju ke jembatan 1 yang ada di Desa Tanjung Alai. Untuk waktu tempuhnya sendiri sekitar 2 jam perjalanan. Dari sini, anda akan menaiki kapal atau perahu untuk menuju ke Sungai Gulamo.

5. Air Terjun Batang Kapas

Lokasi wisata Air Terjun Batang Kapas ini terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar.

Air terjun batang kapas merupakan air terjun tertinggi yang ada di Sumatera bagian tengah, sekitar 150 meter. Ketika dilihat dari kejauhan, maka air terjun yang satu ini terlihat begitu megah dengan bebatuan putihnya.

Selain itu, Anda dapat menikmati ketenangan alam yang masih begitu asri dan alami dengan ditemani oleh suara air yang bergemuruh. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan untuk anda. Jika anda sangat menyukai tantangan, maka anda juga dapat melakukan camping di sekitar area air terjun.

6. Sungai Hijau

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Bangkinang, belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Sungai Hijau yang terletak di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata keluarga ini menawarkan air sungai yang berwarna hijau, sejuk dengan dasar yang berpasir putih dan berbatu.

Selain cocok untuk berenang dan bermain anak-anak, lokasinya juga didukung dengan udara yang sejuk dan teduh karena dirindangi pepohonan karet yang masih produktif.

7. Pulau Cinta

Wisata yang diberi nama Pulau Cinta ini terletak di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kampar. Sama dengan 6 lokasi wisata alam di atas, lokasi ini juga menjadi primadona wisatawan.

Meski tergolong lokasi wisata baru, namun Pulau Cinta telah dikunjungi ratusan ribu orang. Apalagi di saat hari libur.

Letaknya yang tidak jauh dari Kota Pekanbaru, membuat tempat ini menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Tak ayal, kunjungan wisata selalu ramai setiap hari apalagi di akhir pekan.

Pulau Cinta berjarak hanya 12 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II dengan lama perjalanan hanya sekitar 25 menit. Akses terdekat dari Bandara, via Jalan Kaharuddin Nasution sampai ke pertigaan Jalan Soekarno Hatta dan terus ke Jalan Raya Pekanbaru-Taluk Kuantan.

Nah, itulah 7 destinasi wisata alami yang terdapat di Kabupaten Kampar yang bisa menjadi referensi kunjungan wisata Anda mengisi waktu libur bersama keluarga tercinta. ***