Kampar dan Limapuluh Kota Sepakati Kerjasama di Wilayah Perbatasan

Selasa, 14 Januari 2020 - 22:55:37 WIB

Sekdakab Kampar Yusri dan rombongan saat pertemuan dengan Sekdakab Limapuluh Kota Widya Putra, Selasa (14/1/2020).

BETUAH.COM, BANGKINANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Provinsi Riau dan Pemkab Limapuluh Kota, Sumatera Barat, menyepakati perjanjian kerjasama antar wilayah perbatasan di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan penanggulangan bencana. 

"Dengan fokus utama (kerjasama) di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar," ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar Yusri, usai menggelar pertemuan dengan Sekdakab Limapuluh Kota Widya Putra, di kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa (14/1/2020).

Melalui kerjasama lintas batas itu, kata Yusri, Pemkab Kampar berharap dapat memenuhi kebutuhan dasar warga di Desa Balung.

Untuk itu, Pemkab Kampar mengusulkan pembangunan kantor bersama di bidang kesehatan, pendidikan dan terkait infrastruktur jalan beton sepanjang 9 KM, 5 KM masuk ke Kampar dan 4 KM menjadi wilayah Pemkab Lima Puluh Kota.

"Tujuannya guna mempermudah akses masyarakat. Dengan jumlah penduduk 2.085 orang, sudah selayaknya kita duduk bersama agar hak-hak wajib bagi  masyarakat Balung bisa terpenuhi, baik itu pendidikan, kesehatan serta  infrastruktur," ucap Yusri.

Sementara itu, Sekdakab Limapuluh Kota Widya Putra menyambut baik adanya perjanjian kerjasama antara Pemkab Kampar dan Pemkab Limapuluh Kota. Dia berharap semoga pertemuan tersebut bermanfaat dan menjadi sprit bagi kedua dearah untuk membangun daerah perbatasan.

Dikatakan Widya, dengan adanya perjanjian kerjasama merupakan sebuah kesempatan dan tantangan kedua belah pihak dalam memberikan pelayan dan fasilitas secukupnya untuk masyarakat, dan berharap dalam waktu yang sangat singkat harus dikerjasamakan.

"Perjanjian kerjasama akan diramu dan disempurnakan untuk dibahas dikaliborasi sesuai dengan draf konsep masing-masing daerah, dan akan ditandatangi oleh bupati masing-masing daerah terutama di Balung. Baik bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, same penangulangan bencana," ujarnya.

Untuk pembangunan infrastruktur jalan, Pemkab Kampar dan Limapuluh Kota sepakat secara bersama-sama untuk mengajukan proposal ke kementerian terkait.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Assisten II Setdakab Kampar Azwan dan sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Kampar. (rls/ton)