10 Hektar Hutan di Giam Siak Kecil Bengkalis Terbakar

Jumat, 17 Januari 2020 - 22:31:53 WIB

Satgas Karhutla Riau tengah melakukan pemadaman kebakaran hutan di kawasan konservasi Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Kamis (16/1/2020). (Foto BNPB)

BETUAH.COM, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai terjadi di wilayah Provinsi Riau. Sejak tiga hari terakhir, karhutla telah menghanguskan 10 hektar hutan kawasan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis.

"Kurang lebih (luas) 10 hektare (yang terbakar," ungkap Kepala Bidang Wilayah 2 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Heru Sutmantoro di Pekanbaru, Jumat (17/1/2020).

Disampaikan Heru, kebakaran tersebut mulai terdeteksi sejak 15 Januari lalu. Lokasi titik api berada di kawasan hutan negara yang berstatus Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

Upaya pemadaman terus dilakukan oleh tim gabungan, katanya. Tim melakukan upaya pemadaman bersama Manggala Agni, TNI-POLRI, danMasyarakat Perduli Api Desa Bukit Kerikil.

Selain itu, ia mengatakan bantuan juga diberikan oleh perusahaan yang dekat dengan lokasi, yakni PT Arara Abadi dari Sinar Mas Group.

Pihak perusahaan membantu pemadaman dengan helikopter yang menjatuhkan air ( water bombing) dan dua unit alat ekskavator pembuat embung air dan menyekat api.

"Selain itu, pemadaman juga menggunakan lima unit mesin pemadam," terang dia. 

Hingga saat ini, sambung Heru, api masih belum dapat dipadamkan.

"Karena pemadaman yang belum maksimal sebab sumber air belum memadai, selain topografi gambut kering dan semak belukar yang memudahkan api menjalar," katanya seperti dikutip dari Antara.

Diperkirakan areal yang telah terbakar semakin bertambah luas kurang lebih mencapai 10 hektare. "Rencananya tim akan terus melakukan pemadaman," tutupnya. (red)