Kebakaran Sudah Hanguskan 2,45 Hektar Lahan di Pekanbaru

Senin, 20 Januari 2020 - 16:32:18 WIB

Tim gabungan tengah melakukan pemadaman kebakaran lahan di Jalan Riau Baru, Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mencatat, kebakaran lahan yang terjadi sepanjang 2020 ini sudah menghanguskan 2,45 hektar lahan.

Kepala Pelaksana BPBD Pekanbaru Zarman Candra menyebut, kebakaran lahan itu terjadi di sejumlah titik seperti di kawasan Jalan Air Hitam, Soekarno-Hatta dekat Nivana Residence, Naga Sakti dan di Jalan Lembah Sari.

"Kemudian di kawasan Jalan Pemuda Ujung, Jalan Ambarawa dan Jalan Riau Baru. Untuk kebakaran terluas terjadi di Jalan Lembah Sari dan Jalan Pemuda Ujung. Di dua kawasan ini ada 1 hektar lahan yang terbakar," ungkapnya, Senin (20/1/2020).

Seluruh lahan yang terbakar, kata Zarman, sudah berhasil dipadamkan perseonel BPBD dan tim gabungan dari TNI/Polri.

"Untuk hari ini, kami kembali lakukan upaya pemadaman di Jalan Riau Baru. Pemadaman lanjutan ini guna memastikan lahan gambut tersebut benar-benar sudah padam sehingga tidak muncul titik api baru," ucap pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tapem Setdako Pekanbaru ini.

Untuk meminimalisir kembali terjadinya kebakaran lahan, Zarman mengimbau warga agar tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar.

"Kalau terbukti melakukan pembakaran, maka akan ada sanksi hukum sesuai aturan berlaku," tutup mantan Camat Payung Sekaki ini. (abd)