Konsultasi Perpustakaan, Kapolsek Rumbai Kunjungi Dispusip Pekanbaru

Selasa, 11 Februari 2020 - 18:38:02 WIB

Kapolsek Rumbai saat kunjungan kerja ke kantor Dispusip yang disambut langsung Kepala Dispusip Nelfiyonna didampingi Sekretaris Dinas Nofrita Deli, Selasa (11/2/2020).

Betuah Pekanbaru - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Rumbai Iptu Viola Anggraini didampingi sejumlah personel, melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Selasa (11/2/2020).

Kehadiran Iptu Viola dan jajaran disambut secara langsung oleh Kepala Dispusip Pekanbaru Ir H Nelfiyonna MSi didampingi Sekretaris Dinas Nofrita Deli SPd MSi.

Disampaikan Nefiyonna, kedatangan Kapolsek Rumbai tersebut dalam rangka konsultasi terkait perpustakaan karena pihak polsek berencana membangun perpustakaan umum di kawasan mapolsek setempat.

"Untuk itu, Kapolsek Rumbai melakukan konsultasi dan koordinasi terkait persiapan pembuatan perpustakaan ke Dispusip," ungkapnya.

Jika hal itu terwujud, kata Nelfiyonna, maka akan menjadi perpustakaan umum pertama di Kota Pekanbaru yang dikelola secara langsung oleh pihak kepolisian. 

"Kami selaku OPD pengelola dan pembina perpustakaan siap melakukan pembinaan dan pendampingan kepada Polsek Rumbai," ujarnya.

Nelfiyonna juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Polsek Rumbai. Karena menurut dia, keberadaan perpustakaan di fasilitas layanan publik diperlukan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat. 

"Ini juga sudah menjadi komitmen bersama di lingkup Pemko Pekanbaru. Dimana tiap layanan publik seperti kelurahan dan kecamatan agar memiliki perpustakaan atau pojok baca," ungkapnya.
 
"Sebab, untuk meningkatkan minat baca dan literasi di masyarakat, tidak bisa dari pemerintah saja. Peran serta berbagai stakeholder dan masyarakat juga sangat penting. Saat ini sejak awal tahun sudah ada beberapa perpustakaan di kelurahan maupun masyarakat yang sudah terbentuk," ulasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Rumbai Iptu Viola menyampaikan bahwa keinginan untuk membentuk perpustakaan yang dikelola oleh polsek itu berangkat dari kesadarannya terhadap pendidikan. Selaku perempuan yang mempunyai anak, ia menyadari bahwa pendidikan hal yang nomor satu. 

"Untuk itu, kita berencana membentuk perpustakan dan melakukan kunjungan ke Dispusip," ucapnya.
 
Viola juga berharap dengan adanya perpustakaan ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Terlebih lagi dalam Musrenbang Kecamatan Rumbai, masyarakat juga mengusulkan adanya dibangun perpustakaan umum. 

"Mudah-mudahan kita bisa berkoordinasi terus dengan Dispusip hingga perpustakaan nanti terbentuk," harapnya.
 
Di sela kunjungan, Iptu Viola juga memuji keberadaan Perpustakaan Pekanbaru yang memiliki fasilitas lengkap. Ia juga menyebutkan bahwa keberadaan perpustakaan juga bisa menjadi wisata edukasi dengan berbagai fasilitas yang ada. 

"Nanti akan saya sampaikan juga ke jajaran kepolisian dan Polresta untuk sesekali berkunjung dan melaksanakan acara di sini," tuturnya. (abd)