Desa di Kampar Diminta Usulkan Program yang Dibutuhkan Warga

Senin, 17 Februari 2020 - 20:58:03 WIB

Sekdakab Kampar Yusri, saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Tapung dalam rangka menyusun RKPD tahun 2021 yang dilaksanakan di aula kantor camat setempat, Senin (17/2/2020).

Betuah Tapung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, meminta pihak desa mengusulkan program pembangunan dengan skala prioritas atau yang benar-benar dibutuhkan warga.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar Yusri, pada Musrenbang di Kecamatan Tapung dalam rangka menyusun RKPD tahun 2021 yang dilaksanakan di aula kantor camat setempat, Senin (17/2/2020).

"Tujuan musrenbang adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan," ujarnya.

Prioritas kecamatan dimaksud, terang Yusri, merupakan usulan pembangunan yang bersifat antar wilayah desa, kemudian melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah di lingkup Pemkab Kampar.

"Output atau hasil yang diharapkan dari pelaksanaan musrenbang kecamatan ini antara lain, daftar kegiatan prioritas  pembangunan di wilayah kecamatan menurut fungsi perangkat daerah yang siap dibahas di forum perangkat daerah dan Musrenbang RKPD di Kabupaten yang akan didanai melalui APBD," ucapnya. 

"Sehingga akan tercapai sinkronisasi perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat bawah dengan perencanaan yang berasal dari tingkat atas," ulasnya.

Untuk itu, Yusri meminta kepada kepala perangkat daerah terkait agar mencermati setiap usulan pembangunan yang disampaikan.

Kemudian kepada camat, diminta agar mempersiapkan berita acara hasil pelaksanaan musrenbang yang dilampirkan dengan notulen rapat untuk disepakati dan disetujui secara bersama.

"Mari kita kawal pelaksanaan musrenbang ini dangan pengajuan program prioritas agar tepat sasaran dengan waktu yang singkat, karena musrenbang RKPD akan dilaksanaan pada 24 Maret 2020 mendatang," tutupnya. (rls/ton)