Hari Ketiga Tes, 518 Pelamar CPNS Pekanbaru Gugur Tanpa Perjuangan

Rabu, 19 Februari 2020 - 21:59:01 WIB

Pelamar CPNS Pekanbaru menjalani pemeriksaan sebelum masuk ke ruangan tes.

Betuah Pekanbaru - Hingga hari ketiga pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Rabu (19/2/2020), terdapat sebanyak 518 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Pekanbaru yang gugur tanpa mengikuti tahapan seleksi.

Ratusan pelamar tersebut dinyatakan gugur sebelum bertempur lantaran tak hadir pada pelaksanaan tes SKD yang dipusatkan di SKA Convention and Exibition Centre Jalan Soekarno-Hatta.

Panitia memeriksa tas milik peserta tes sebelum masuk ke ruangan. 

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pekanbaru Yuli Usman mengatakan, pada hari pertama tes Senin (17/2/2020) tercatat sebanyak 186 pelamar yang gugur dan hari kedua Selasa (18/2/2020) 181 orang.

"Hari ini sebanyak 151 peserta tidak hadir. Total 518 peserta yang dinyatakan gugur karena mereka tidak hadir saat tes," ungkapnya, Rabu (19/2/2020) sore.

Mengingat jumlah pelamar CPNS Pekanbaru mencapai 16.854 orang. Maka pelaksanaan tes SKD dijadwalkan berlangsung terhitung 17 hingga 26 Februari mendatang.

Dalam satu hari, tes SKD digelar sebanyak 5 sesi. Untuk satu sesi diikuti sebanyak 380 peserta.

Untuk keamanan pelaksanaan tes SKD, panitia seleksi (pansel) melakukan pemeriksaan berlapis terhadap para peserta tes.

Di pemeriksaan awal sebelum masuk ke lokasi tes, peserta mesti bisa melewati metal detektor terlebih dahulu. Setelah itu kembali diperiksa di pintu masuk ruang tes. Di sini kartu ujian mereka diperiksa dan tas harus ditinggalkan di luar.

Setelah masuk ke dalam ruangan tes, mereka kembali diperiksa dan diminta menunjukkan KTP atau Surat keterangan (Suket) pengganti e-KTP. (abd)