Ribuan Warga Pekanbaru Terima Sertifikat Program PTSL

Kamis, 06 Februari 2020 - 12:34:08 WIB

Sekdako Pekanbaru Muhammad Noer, menyerahkan sertifikat program PTSL tahun 2019 secara simbolis, di halaman MPP Pekanbaru, Kamis (6/2/2020).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 3.000 warga Pekanbaru di Kecamatan Bukit Raya dan Tenayan Raya, menerima sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019.

Ribuan sertifikat program PTSL ini diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer, bertempat di halaman komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (6/2/2020).

Pada kesempatan itu, M Noer menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru atas penyerahan ribuan sertifikat program PTSL tahun 2019 itu.

"Karena sertifikat PTSL ini merupakan upaya pemerintah dalam memenuhi hak bagi masyarakat. Apalagi masih banyak lahan di Kota Pekanbaru yang belum memiliki sertifikat," ucapnya.

Untuk menyukseskan program PTSL, M Noer mengajak RT/RW, lurah dan camat bersinergi dengan BPN agar setiap jengkal tanah di Pekanbaru teregistrasi. Hal ini sebagai upaya mengurangi sengketa lahan.

"Maka dengan adanya teregistrasinya lahan, masyarakat kini punya sertifikat hak milik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kota Pekanbaru diwakili Kasubag Tata Usaha Umi Kalsum mengatakan, ribuan warga penerima sertifikat program PTSL 2019 itu berasal dari Kelurahan Tangkerang Utara, Tangkerang Selatan, Simpang Tiga, Air Dingin, Tangkerang Labuai dan Kelurahan Pematang Kapau.

"Jadi penerimanya dari Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Tenayan Raya," ungkap dia.

Disebutkannya, penyerahan sertifikat PTSL tersebut adalah bentuk kepedulian pemerintah dalam memberi dokumen hak atas tanah. Adanya sertifikat ini tentu memberi kenyamanan.

"Untuk program PTSL di Kota Pekanbaru tahun 2019 mencapai 3070 bidang. Proses penyerahan sertifikat PTSL kali ini merupakan tahap pertama," ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, dua Wakil Ketua DPRD Pekanbaru di antaranya Ginda Burnama dan Tengku Azwendi Fajri serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota. (advertorial)