Tiga Rampok Preteli Isi Rumah Kontrakan di Tenayan Raya Pekanbaru

Kamis, 05 Maret 2020 - 18:14:28 WIB

Ilustrasi pencurian/net

Betuah Pekanbaru - Sebuah rumah kontrakan di Jalan Singgalang III, RT 02/RW 09, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, dipreteli oleh tiga pelaku rampok.

Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Tenayan Raya Kompol Hanafi mengatakan, aksi perampokan itu terjadi pada Jumat (28/2/2020) kemarin saat penghuni rumah sedang tertidur pulas.

Para pelaku berhasil melarikan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan nomor polisi BM 3972 XV, helm, baju kemeja, baju kaos, tas, jaket serta celengan milik korban. 

Atas kejadian itu, korban Rahmad Saputra membuat laporan ke Mapolsek Tenayan Raya. Dari laporan korban, Unit Reskrim langsung melakukan penyelidikan di lapangan.

Berdasarkan hasil penyelidikan, didapatkan informasi tentang ketiga pelaku dan langsung dilakukan pengejaran. Salah seorang pelaku AF (19) berhasil diamankan di Gelanggang Remaja Jalan Jendral Sudirman, Minggu (1/3/2020).

"Kita dapat informasi sekitar pukul 20.00 WIB bahwa salah satu pelaku ada di Gelanggang Remaja. Tim bergerak dan berhasil mengamankan pelaku," ungkap Kompol Hanafi, Kamis (5/3/2020).

Bersama pelaku AF turut dimanankan sejumlah barang bukti di antaranya 1 jam tangan, 1 buah tas, 1 helai celana pendek, 1 helai celana panjang, 1 helai baju kemeja hitam dan 1 helai jaket abu-abu.

"Sementara dua rekan AF saat melakukan aksi masing-masing inisial MS dan NW masih diburu, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," sebut Kompol Hanafi.

Berdasarkan keterangan pelaku AF yang merupakan perantau asal Aceh dan baru satu bulan tinggal dan bekerja di sebuah loundry di Jalan Singgalang, Kecamatan Tenayan Raya, terang Kompol Hanafi, para pelaku masuk dari lobang sumur yang bersebelahan diantara rumah kontrakan lainnya. Setelah mereka mengumpulkan barang curian, mereka kabur lewat pintu depan rumah. 

"Pelaku itu masuk subuh, penghuni rumah lagi tidur, pagi harinya baru mereka tau kalau sepeda motor dan barang lainnya sudah hilang. Pelaku juga membawa sepeda motor, karena kunci motor tergantung di motor tersebut," paparnya. (rki)