Alami Demam Disertai Sesak Nafas, Warga Dihimbau Datangi Puskesmas

Ahad, 08 Maret 2020 - 17:55:52 WIB

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, mengimbau warga yang mengalami demam, batuk dan sesak nafas agar segera memeriksakan kesehatannya ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, himbuan itu sebagai salah satu upaya pihaknya guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Meski belum ada kasus, terang Amin, namun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menyiagakan seluruh Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan sebagai antisipasi penyebaran virus mematikan tersebut.

"Untuk itu, jika merasakan gejala-gejala seperti demam, flu, batuk dan sesak nafas, segera periksa ke puskesmas. Jangan dibiarkan atau dianggap sakit biasa, karena kita sudah disiagakan 21 Puskesmas untuk penanganan awal virus corona ini," ucapnya, Minggu (8/3/2020).

Disampaikan Amin, demam, batuk, flu dan disertai sesak nafas merupakan gejala awal dari virus corona. Virus yang berawal dari Wuhan, China ini disebut dapat menjangkit siapa saja mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia.

"Namun kasusnya lebih banyak dijumpai menyerang anak-anak dan lanjut usia," ungkapnya.

Di samping menyiagakan Puskesmas, lanjut Amin, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk penanganan dan mengantisipasi penularan virus. 

"Kita juga upayakan untuk meminta bantuan masker ke provinsi," tutupnya.

Sebagai antisipasi penularan virus corona, warga juga dihimbau mencuci tangan dengan sabun secara teratur, menghindari tempat keramaian, dan menggunakan masker ketika sakit.

Selanjutnya, menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai matang, serta menghindari kontak dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. (abd)