Warga Temukan Rudal Saat Bersihkan Kebun di Melebung Pekanbaru

Jumat, 13 Maret 2020 - 16:21:02 WIB

Temuan mortir di lahan perkebunan di Jalan Badak Ujung, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (12/3/2020) kemarin.

Betuah Pekanbaru - Sebuah rudal sepanjang 175 centimeter dengan berat lebih kurang 100 kilogram (kg), ditemukan warga di lokasi perkebunan bekas PT Bintan, Jalan Badak Ujung, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (12/3/2020) kemarin.

Mortir yang terkubur dengan kedalaman 30 centimeter itu pertama kali ditemukan oleh Mahmud (41), seorang karyawan PT Citra Panji Manunggal (CPM). Saat ini, ia sedang membersihkan lahan
menggunakan alat berat.

Ketika membersihkan lahan, ada sebuah benda yang terasa cukup keras di dalam tanah. 

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Kapolsek Tenayan Raya Kompol Hanafi mengatakan, informasi temuan mortir itu diterima pihaknya sekitar pukul 12.30 WIB.

"Yang menemukan mortir itu karyawan PT CPM yang lagi membersihkan area kebun bekas PT Bintan siang tadi. Karena menemukan benda yang mirip seperti rudal itu, mereka melaporkan ke kami," ungkap Kapolsek, Kamis (12/3/2020) sore.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Polresta Pekanbaru Iptu Budhia Dianda mengatakan, atas penemuan benda yang diduga mortir itu pihaknya akan menyerahkan ke Den Pal Rem 031 WB Pekanbaru. 

"Untuk penemuan mortir itu selanjutnya akan diserahkan dan ditangani oleh Den Pal Rem O31 WB Pekanbaru," ucap Budhia. 

Dari keterangan sejumlah saksi, pada 1980 silam lokasi tempat ditemukan rudal itu pernah menjadi tempat latihan angkatan udara. (rki)