Harga Gula Pasir di Pekanbaru Naik Rp4.500 per Kilogram

Jumat, 13 Maret 2020 - 23:49:13 WIB

Gula pasir/net

Betuah Pekanbaru - Harga jual gula pasir di pasar dalam Kota Pekanbaru mengalami kenaikan sebesar Rp4.500 per kilogram (kg) sejak dua pekan terakhir.

Dari data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru, kini harga jual gula pasir tersebut mencapai Rp17 hingga Rp18 ribu per kg. Sementara Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan hanya Rp12.500 per kg.

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, harga gula pasir yang mengalami kenaikan itu merupakan jenis premium yang biasa dipasok dari sejumlah negara.

Akibat merebaknya virus corona, terjadi pembatasan impor hingga mengakibatkan stok yang ada di agen menipis hingga memicu terjadinya kenaikan harga.

"Ketika stok menipis, sementara permintaan tinggi, maka menyebabkan kenaikan harga," ujarnya, Jumat (13/3/2020).

Untuk mengantisipasi terus meroketnya harga jual gula di pasaran, Ingot mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Buloag).

"Kita juga terus lakukan monitoring harga. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena kita terus berupaya agar harga jual gula pasir kembali normal," tutupnya. (abd)