Positif Corona, Laki-Laki Usia 63 Tahun Dirawat di RSUD Arifin Achmad

Rabu, 18 Maret 2020 - 22:13:36 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliana Nazir saat memimpin jumpa pers di kantor Dinas Kesehatan setempat di Pekanbaru, Rabu (18/3/2020) sore. (Foto Riau24)

Betuah Pekanbaru - Seorang pasien berjenis kelamin laki-laki dengan usia 63 tahun, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau di Pekanbaru.

"Kami sudah mendapat informasi dari juru bicara Covid-19. Ada 227 kasus corona di Indonesia, dan ada konfirmasi positif satu pasien sebarannya di Riau, dengan laki-laki 63 tahun," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliana Nazir dalam jumpa pers di kantor Dinas Kesehatan Riau di Pekanbaru, Rabu (18/3/2020) sore.

Disampaikan Mimi yang juga Koordinator Tim Kesehatan Penanggulangan COVID-19 Riau ini, pasien bersangkutan telah mulai dirawat di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad Riau sejak 13 Maret lalu.

"Pasien tanggal 13 Maret lalu sudah dirawat di RSDU Arifin Achmad," sebut dia.

Dijelaskannya, jumlah pasien yang diduga terinfeksi Covid-19 di Riau berjumlah sebanyak 19 orang. 10 orang di antaranya sudah ada hasil pemeriksaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan hasil lab yang dikeluarkan Litbangkes, 9 orang dinyatakan negatif dan 1 orang positif terinfeksi wabah yang berawal dari Kota Wuhan, China tersebut.

Kondisi Stabil

Sementara itu, juru bicara tim penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi menyatakan, satu pasien positif terinfeksi virus corona itu memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia dan setelah itu mulai mengeluh sakit.

"Riwayat bepergian ke Malaysia dua minggu yang lalu, mengeluh sakit dan tanggal 13 (Maret) ke rumah sakit, dinyatakan pasien dalam pengawasan karena dicurigai, dan hasil pemeriksaannya positif Covid-19," ucapnya.

Dikatakan dr Indra Yovi, pasien dengan inisial M itu merupakan kasus positif corona pertama di Provinsi Riau.

"Saat ini pasien dalam kondisi stabil. Demam tidak ada, cuman ada batuk, nafsu makan bagus, kondisi umum baik-baik saja," paparnya.

dr Indra Yovi menyebut, pasien M dirawat sesuai standar operasional penanganan Covid-19 yang berlaku. Pasien terus dipantau hingga benar-benar sembuh dan bisa untuk pulang.

"Sampai dinyatakan sembuh setelah beberapa kali pemeriksaan berturut-turut negatif, tak ada lagi kuman virus SARS-Cov-2 di dalam swab baru dinyatakan negatif, baru pasien bisa dipulangkan," ucapnya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, terdapat 4 pasien suspect corona yang masih dirawat di RSUD Arifin Ahchmad. Tiga pasien di antaranya masih menunggu hasil uji lab dari Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Satu pasien hasilnya sudah keluar dan dinyatakan positif Covid-19," tutup dia. (red)