Pulang dari Thailand, Warga di Kecamatan Bangkinang Diisolasi 14 Hari

Kamis, 19 Maret 2020 - 23:31:07 WIB

Sekdakab Kampar Yusri saat membahas penanganan warga yang baru pulang usai melakukan perjalanan ke Thailand dan Malaysia, Kamis (19/3/2020). (Foto Diskominfo Kampar)

Betuah Kampar - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar, memerintahkan untuk mengisolasi warga di Desa Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, yang baru pulang usai melakukan perjalanan ke Thailand dan Malaysia.

Perintah itu disampaikan langsung oleh Yusri kepada Camat Bangkinang dan kepala puskesmas setempat saat melakukan peninjauan ke lokasi, Kamis (19/3/2020).

Dalam peninjauan yang didampingi Direktur RSUD Bangkinang itu, Yusri meminta agar warga bersangkutan diisolasi selama 14 hari guna memastikan tidak terinfeksi coronavirus atau Covid-19.

Selain diisolasi, Yusri juga meminta warga tersebut tidak bersosialisasi dengan masyarakat lain untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Terkait maraknya penyebaran virus corona, maka untuk mengantisipasi, sesuai instruksi Bupati Kampar, pemkab bersama dinas terkait akan melakukan isolasi selama 14 hari terhadap warga yang baru saja pulang dari melakukan perjalanan ke luar negeri tersebut," ungkapnya.

"Walaupun belum positif terinfeksi Covid-19, namun isolasi ini akan selalu dipantau oleh Dinas Kesehatan," ulas Yusri.

Di kesempatan itu, Yusri mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak mudah terpancing berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Untuk warga yang diisolasi tersebut, disampaikannya belum positif terpapar Covid-19.

Yusri juga mengaku prihatin atas beredar info tentang adanya pasien dengan ODP (Orang Dalam Pemantauan) di media sosial yang telah memancing keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, dia menegaskan bahwa warga bersangkutan belum positif terpapar virus corona dan masih dalam pemantauan pihak Dinas Kesehatan hingga masa isolasi selama 14 hari ke depan. (***)


Sumber/Diskominfo Kampar