Sidak Disperindag, Gudang Distributor Nihil Masker dan Hand Sanitizer

Ahad, 22 Maret 2020 - 22:14:49 WIB

Tim Disperindag Pekanbaru saat sidak di salah satu gudang masker dan hand sanitizer. (Dok Satgas Disperindag)

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, baru-baru ini telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah gudang distributor masker dan hand sanitizer.

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya tersebut tidak ditemukan adanya penumpukan masker maupun hand sanitizer.

Sidak yang dilakukan, disampaikan Ingot, menindaklanjuti terjadinya kelangkaan masker dan hand sanitizer di pasaran pasca merebaknya wabah coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

"Karena itu kami turun langsung ke gudang penyimpanan alat kesehatan. Ternyata memang kosong," ungkapnya, Sabtu (21/3/2020).

Diakui Ingot, akibat kekosongan stok di distributor sehingga membuat harga masker dan hand sanitizer melambung tinggi.

Menurut dia, hal itu menjadi persoalan mengingat masker dan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan tersebut termasuk produk yang tidak bersifat penugasan.

"Artinya, produk tersebut masih mengacu pada mekanisme pasar dan juga belum ada kebijakan dari pemerintah terkait hal itu," ucapnya.

"Namun demikian, kita akan berupaya mencari jalan keluar untuk mengatasi persoalan ini," ulasnya.

Untuk diketahui, sejak beberapa bulan terakhir terjadi kelangkaan masker dan hand sanitizer di Pekanbaru. Jika pun ada yang menjual, sudah pasti harganya melangit. (abd)