Dinsos Pekanbaru Jaring Belasan Anak di Sejumlah Titik Jalan

Senin, 23 Maret 2020 - 12:50:34 WIB

Tim Dinas Sosial Pekanbaru memberikan pengarahan kepada anak-anak dan orangtuanya, usai diamankan di sejumlah titik jalan pada akhir pekan lalu.

Betuah Pekanbaru - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, menjaring 19 orang 11 di antaranya masih anak-anak dalam razia yang digelar di sejumlah titik lampu marah pada akhir pekan lalu.

Kepala Dinsos Pekanbaru Khairani mengatakan, belasan anak itu diamankan di persimpangan lampu merah depan kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman dan persimpangan rumah dinas Gubernur Riau Jalan Diponegoro.

Selanjutnya di persimpangan lampu merah kawasan Polda Riau dan pertigaan lampu lalu lintas Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai.

"Mereka langsung kita bawa ke shelter. Banyak dari mereka masih anak-anak," ungkap Chairani, Senin (23/3/2020).

Dari pendataan yang dilakukan, sebut mantan Camat Tampan ini, sebagian besar anak yang terjaring ditemani orangtuanya. Mereka menjajakan berbagai dagangan kepada pengendara yang berhenti di lampu merah.

"Kita langsung memberi pengertian kepada orangtua anak-anak itu bahwa anak-anak tidak boleh berjualan di jalan," ucapnya.

"Karena hal itu membahayakan anak-anak tersebut. Mereka bisa saja jadi korban aksi kriminal atau pelecehan seksual," ulas Chairani.

Apalagi saat ini sedang menyebar covid-19 atau virus corona. Ia mengaku prihatin dengan anak-anak yang berjualan di persimpangan jalan.

Chairani menyebut bahwa kebanyakan anak-anak itu masih duduk di bangku sekolah. Ia pun melarang orangtua anak-anak tersebut untuk kembali berjualan di jalanan.

"Setelah dilakukan pendataan dan diberi pengertian kepada orangtua mereka (anak-anak), mereka kita pulangkan lagi," tutupnya. (abd)