Pulang dari Malaysia, Tiga TKI Asal Pekanbaru Masuk ODP

Senin, 30 Maret 2020 - 23:25:28 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Tiga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Pekanbaru, kini sudah kembali ke keluarga masing-masing. Ketiganya dipulangkan karena terdampak kebijakan lockdown di Malaysia dan sampai ke Kota Bertuah pada Senin (30/3/2020) dini hari.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, ketiga TKI bersangkutan kini masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan mendapat pengawasan ketat dari pemerintah kota.

Sesuai aturan penanganan virus corona atau Covid-19, sebut walikota, ketiga TKI tersebut seharusnya menjalani isolasi terlebih dahulu selama 14 hari sebelum diizinkan bergabung dengan pihak keluarga.

"Tapi kita belum punya ruang isolasi untuk 14 hari, maka kita minta tiga orang TKI diserahkan ke keluarga untuk isolasi mandiri," ucapnya usai rapat bersama Forkopimda, Senin (30/3/2020).

Untuk itu, Firdaus berpesan agar ketiga TKI bersangkutan di antaranya satu orang di Kecamatan Tampan, kemudian di Payung Sekaki dan Kecamatan Sail, agar disiplin mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

"Ketiganya harus disiplin untuk isolasi mandiri di rumah," pintanya.

Lebih jauh disampaikan Firdaus, saat ini pemerintah kota semakin memperketat pengawasan khususnya bagi warga yang datang dari daerah atau wilayah yang terpapar virus corona.

Bahkan setiap penumpang pesawat dari sejumlah rute di Pulau Jawa ke Kota Pekanbaru, mereka langsung masuk daftar ODP. Mereka jadi ODP lantaran datang dari zona merah. (abd)