Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Kampar Masih Stabil

Rabu, 01 April 2020 - 20:38:49 WIB

Tim pengendali inflasi daerah Kabupaten Kampar, saat pemantauan harga bahan pokok di Pasar Danau, Kecamatan Tambang, Rabu (1/4/2020).

Betuah Tambang - Jelang Ramadhan 1441 H/2020 Masehi, harga sembilan bahan pokok (sembako) yang dijual di pasar wilayah Kabupaten Kampar, masih stabil.

Hal itu sesuai hasil pemantauan harga bahan pokok yang dilakukan tim pengendali inflasi daerah yang dipimpin Asisten II Setdakab Kampar Suhermi, di Pasar Danau, Kecamatan Tambang, Rabu (1/4/2020).

Selain harga yang masih stabil, stok atau ketersediaan bahan pokok seperti beras, cabai, ikan, ayam, telur dan lainnya juga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga terutama selama Ramadhan mendatang.

"Hasil tinjauan kita di lapangan, harga sembako masih stabil dan proses distribusi masih lancar. Artinya belum ditemukan kendala berarti yang nantinya akan berpotensi menyebabkan kelangkaan sembako," ucap Suhermi.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0313 KPR Mayor Inf Gunakan Nurbathin yang turut serta dalam rombongan, mengingatkan warga agar tidak melakukan penimbunan bahan pokok jelang Ramadhan dan menyikapi wabah virus corona.

Penimbunan bahan pokok, kata dia, akan menyebabkan kelangkaan yang kemudian memicu terjadinya kenaikan harga barang dan itu jelas melanggar aturan berlaku.

"Jangan menumpuk sembako, belilah seperlunya saja, karena stok yang ada saat ini masih tersedia dan harga juga masih stabil," pesannya.

"Terkait musibah covid, patuhi segala aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah agar diri dan keluarga kita selamat," pintanya menambahkan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kampar Cokro Aminoto mengatakan, jelang Ramadhan dan adanya wabah corona, pemerintah daerah berharap distribusi bahan pokok yang sebagian besar berasal dari Sumatera Barat, tetap lancar.

"Kita harapkan sumber pasokan sambako yang kebanyakan berasal dari Sumatera Barat seperti beras, telur, cabai dan lainnya, pendisrtibusiannya masih tetap lancar seperti biasa sehingga tidak menyebabkan terjadinya kelangkaan yang tentunya akan memancing kepanikan di masyarakat," ujar dia.

Dalam pengecekan harga bahan pokok itu, Camat tambang Abukhari, juga berkeliling pasar untuk memberikan himbauan kepada warga agar segera pulang ke rumah setelah berbelanja di pasar. Hal itu bertujuan mengantisipasi penyebaran wabah virus corona. (***)

 

Sumber / Humas Setdakab Kampar