Tim Covid Pekanbaru Lacak Kontak Dua Pasien Positif Corona

Jumat, 03 April 2020 - 16:04:26 WIB

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru Muhammad Amin

Betuah Pekanbaru - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, mulai melacak kontak dua pasien positif corona yang kini tengah dirawat dan diisolasi di rumah sakit.

Kedua pasien itu dinyatakan positif terinfeksi corona pada Kamis (2/4/2020) sore. Mereka merupakan warga Kecamatan Tampan dan Tenayan Raya.

Kemudian terhadap keluarga kedua pasien bersangkutan akan langsung dimasukkan dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Keluarga mereka dan orang yang pernah kontak dengan pasien positif ini akan menjadi ODP. Sesuai dengan prosedur, mereka akan dipantau selama 14 hari ke depan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Jumat  (3/4/2020).

Meski sudah kontak dengan pasien yang positif corona, namun disampaikan Amin jika pihak keluarga tidak akan dilakukan isolasi di rumah sakit.

"Isolasi tidak perlu dilakukan. Mereka hanya akan dilakukan pemantauan terhadap kesehatan mereka," ucap pria yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru ini.

Selain melacak kontak, terang Amin, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah kedua pasien positif corona.

"Sesuai prosedur, untuk tempat tinggal dan lingkungan pasien positif ini akan kami lakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus," tutupya.

Hingga Kamis (2/4/2020) sore, sudah tercatat 4 kasus positif corona di Kota Pekanbaru. Dua orang di antaranya merupakan warga Kecamatan Tampan, satu Tenayan Raya, dan satu lagi warga Bukit Raya.

Untuk warga Bukit Raya yang positif corona, pada pertengahan Maret lalu sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Pasien sebelumnya dirawat di RSUD Arifin Ahmad Riau.

Sementara 3 orang lainnya saat ini masih diisolasi dan dirawat di rumah sakit. (abd)