Peresmian Sukaramai Trade Center Pekanbaru Ditunda

Kamis, 09 April 2020 - 15:36:08 WIB

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, memastikan menunda peresmian pengoperasian Sukaramai Trade Center (STC) di Jalan Jenderal Sudirman yang sebelumnya dijadwalkan awal April ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, penundaan peresmian STC guna menindaklanjuti himbauan Pemerintah Pusat, Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru agar tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi kita tunda dulu, karena saat ini tidak mungkin kita buat acara (peresmian)," ungkapnya, Kamis (9/4/2020).

"Kemungkinan siap lebaran (Idul Fitri 1441 H diresmikan). Tapi tergantung penyebaran corona juga," ulas mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru ini.

Terpisah, pengelola STC Suryanto mengaku belum menerima informasi perihal penundaan peresmian STC. Namun demikian, ia memastikan mengikuti kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota.

"Belum ada informasi (penundaan). Tapi memang tidak mungkin juga kita buat kegiatannya, karena akan mengumpulkan banyak orang. Jadi kita ikut pemerintah saja karena ini untuk kebaikan bersama," tegasnya.

Meski belum diresmikan, akan tetapi sebagian besar pedagang sudah mulai menempati kios yang disediakan di pusat perbelanjaan tersebut. Hanya saja, untuk aktivitas pedagang masih dibatasi sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

"Sekarang aktivitas pedagang dibatasi dulu dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Corona ini memang berdampak terhadap ekonomi, terutama pedagang. Tapi mau bagaimana, karena situasi yang tidak memungkinkan," tutupnya. (abd)