Donasi Penanganan Covid dari ASN Pekanbaru Capai 314 Juta

Jumat, 29 Mei 2020 - 15:58:26 WIB

Kabag Humas Setdako Pekanbaru Mas Irba Sulaiman

Betuah Pekanbaru - Donasi untuk penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, terus meningkat. Hingga 29 Mei 2020, total donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp314 juta.

"Alhamdulillah, dari laporan yang kita terima, total donasi yang terkumpul sebesar Rp314 juta," ungkap Walikota Pekanbaru Firdaus melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Mas Irba Sulaiman, Jumat (29/5/2020).

Donasi ratusan juta tersebut, kata Irba, juga bersumber dari sumbangan gaji Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi selama 3 bulan.

"Ini bukti kepedulian dari bapak walikota, wakil walikota dan ASN untuk bersama-sama berjuang melawan covid. Alhamdulillah, perjuangan kita tidak sia-sia, terbukti saat ini Kota Pekanbaru sudah berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19," ucapnya.

Disampaikan Irba, donasi yang sudah terkumpul diperuntukkan guna membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis khususnya paramedis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kota Pekanbaru.

"Kemudian juga untuk membeli masker, hand sanitizer, sarung tangan serta vitamin dan keperluan lain untuk pencegahan dan penanganan covid," ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Syoffaizal menyebut, dari total donasi Rp314 juta tersebut, sebanyak Rp100 juta di antaranya sudah diserahkan kepada Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Azwan.

"Rp50 juta diserahkan tanggal 10 April, dan Rp50 juta lagi tanggal 23 April. Jadi total donasi yang sudah diserahkan per 29 Mei 2020 sudah Rp100 juta," urainya.

Saat ini, terang Syoffaizal, total donasi ASN yang terkumpul di BPKAD tersisa sebesar Rp214 juta. "Kalau ada permintaan dari Gugus Tugas maka langsung kita cairkan," tutup mantan Asisten I Setdakab Kuansing ini. (abd)