Rapid Test Massal di Tenayan Raya Diikuti 278 Orang, 10 Reaktif Corona

Sabtu, 30 Mei 2020 - 17:57:09 WIB

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi bersama rombongan, menyaksikan pelaksanaan rapid test massal, Sabtu (30/5/2020).

Betuah Pekanbaru - Rapid Test atau pemeriksaan cepat Covid-19 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru di dua lokasi di Kecamatan Tenayan Raya, Sabtu (30/5/2020) diikuti sebanyak 278 orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy mengatakan, rapid test massal tersebut dipusatkan di kantor Camat Tenayan Raya serta di Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari.

Di kantor Camat Tenayan Raya, sebut Zaini, rapid test diikuti sebanyak 129 orang dengan hasil 127 non reaktif dan 2 reaktif atau terindikasi terpapar virus corona.

"Kemudian di Rusunawa Rejosari, rapid test diikuti sebanyak 149 orang dengan hasil 141 non reaktif dan 8 reaktif," urai dia.

"Jadi dari total 278 orang yang mengikuti rapid test, sebanyak 268 hasilnya non reaktif dan 10 orang reaktif," terang Zaini menambahkan.

Untuk 10 warga yang reaktif corona, lanjut dia, langsung dilakukan pengambilan sampel swab dan dikirim ke Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau.

"Kesemuanya sudah diambil swab-nya," ungkap Zaini.

Lebih jauh disampaikannya, rapid test massal masih akan dilanjutkan di sejumlah lokasi dan kecamatan zona merah corona di Kota Pekanbaru dengan jadwal yang sudah ditentukan. 

"Untuk hari Selasa 2 Juni 2020 akan dilaksanakan di Kecamatan Bukit Raya dan pada hari Kamis, 4 Juni 2020 di Kecamatan Marpoyan Damai," tutupnya.

Selian rapid test massal, juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah titik di Kecamatan Tenayan Raya.

Penyemprotan disinfektan dan rapid test massal ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Sekdako Pekanbaru Muhammad Noer dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru. (abd)