Pasien Positif Covid Terakhir di RSUD AA Sembuh, Gubri Apresiasi Tenaga Medis

Senin, 01 Juni 2020 - 15:00:17 WIB

Gubernur Riau Syamsuar

Betuah Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan rumah sakit rujukan Covid-19 serta seluruh tenaga medis dan non medis yang sudah bekerja secara maksimal menanganani pasien positif Covid-19.

Apresiasi dan terima kasih itu diberikan Gubri menanggapi informasi jika pasien positif terakhir yang dirawat di RSUD Arifin Achmad (AA) Riau sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Terima kasih juga disampaikan Gubri kepada semua pihak terutama masyarakat di Bumi Lancang Kuning yang sudah bekerjasama membantu pemerintah dalam menakan sebaran virus corona.

"Alhamdulillah, kita dapat menekan angka pertambahan penularan Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan di semua rumah sakit rujukan," ucapnya, Senin (1/6/2020).

Meski berhasil menekan sebaran virus Corona, namun Gubri tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan terutama dalam penerapan New Normal atau kehidupan normal baru agar tidak ada lagi penambahan kasus positif corona di Provinsi Riau.

"Semoga kedisiplinan masyarakat tetap meningkat melaksanakan himbauan pemerintah dalam melaksanakan new normal dan tetap harus mengedepankan protokol kesehatan agar tidak ada penambahan pasien positif lagi," harapnya.

"Kapasitas rumah sakit tetap dipertahankan dan pengawasan serta supervisi tetap dilaksanakan. Mohon doa dan dukungannya. Terima kasih atas semangat gotong royong," ulas Gubri.

Untuk diketahui, pasien positif Covid-19 terakhir yang dirawat di RSUD Arifin Achmad Riau sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. 

Pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang itu berinisial S (47). Ia adalah warga Kota Pekanbaru yang diduga tertular karena ada riwayat perjalanan ke daerah terjangkit di luar Provinsi Riau. 

Menurut keterangan pihak RSUD Arifin Achmad, pasien tersebut sudah cukup lama dirawat di sebuah rumah sakit swasta, sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Arifin Achmad pada 26 Mei 2020 dan akhirnya dinyatakan sembuh pada Minggu (31/5/2020).

Sembuhnya pasien terakhir di RSUD Arifin Achmad merupakan kabar baik. Apalagi dalam dua hari terakhir tidak ada penambahan pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau.

Sehingga kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau berjumah sebanyak 117 orang dengan rincian 88 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan 23 pasien masih dirawat. 

Kemudian, pasien positif tercatat 26 orang yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di kabupaten/kota. PDP yang masih dirawat berjumlah 93 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.157 orang.

Sedangkan PDP meninggal dunia berjumlah 154 orang. Total PDP berjumlah 1.404 orang. Kemudian, untuk ODP dalam pemantauan berjumlah 6.474 orang. Sementara ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 68.946 orang. (red)