Disdukcapil Pekanbaru Tutup Pelayanan Perekaman dan Pengambilan KTP

Kamis, 25 Juni 2020 - 21:45:32 WIB

Petugas Disdukcapil Kota Pekanbaru saat memberikan pelayanan jemput bola khusus perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik bagi warga yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, terhitung Kamis (25/6/2020) menutup sementara pelayanan perekaman dan pengambilan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita melalui Sekretaris Dinas Seniwati Hais menyebut, penutupan dua layanan itu berlaku di Mal Pelayanan Publik (MPP) perkantoran Disdukcapil di Jalan Jenderal Sudirman dan seluruh UPTD kecamatan.

"Kita tiadakan sementara sampai ada pemberitahuan selanjutnya," ujar dia, Kamis (25/6/2020).

Disampaikan Seniwati, penutupan pelayanan dilakukan lantaran kembali meningkatkan penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 sejak sepekan terakhir.

Untuk itu, kata dia, perekaman dan pengambilan e-KTP ditutup sementara guna meminimalisir terjadinya penumpukan warga.

"Namun untuk pelayanan lain masih tetap diberikan. Di MPP, pengambilan nomor antrian diberlakukan secara online melalui laman mpp.pekanbaru.go.id," tutupnya.

Sementara itu, untuk pelayanan di MPP Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru tetap diberikan seperti biasa dengan lebih memperketat penerapan protokol kesehatan.

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Muhammad Jamil menyatakan, bagi warga yang ingin keluar masuk MPP wajib menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang telah disediakan dan menjalani pengukuran suhu tubuh.

Tidak hanya itu, di gerai-gerai pelayanan juga dipasang pembatas berupa plastik transparan yang memisahkan antara pengurus izin dan petugas pelayanan.

"Petugas pelayanan juga wajib memakai masier, menggunakan sarung tangan dan alat pelindung wajah," paparnya.

Untuk itu, Jamil berharap pengunjung dan petugas pelayanan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Mari sama-sama kita bangun perilaku hidup sehat rajin mencuci tangan, pakai masker dan jujur dengan kesehatan diri sendiri," ajaknya. (abd)