Hasil Swab 260 Pedagang dan Warga di Pasar Agus Salim Tunggu Uji Labor

Ahad, 28 Juni 2020 - 15:14:32 WIB

Tim medis bersiap melakukan rapid test dan swab test di Pasar Agus Salim Pekanbaru, Jumat (26/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Hasil swab atau pemeriksaan sampel lendir di tenggorokan sebanyak 260 pedagang dan warga di Pasar Agus Salim, Pekanbaru, Jumat (26/6/2020) masih menunggu uji Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldi mengatakan, untuk uji labor membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari pasca pengambilan sampel swab.

"Jadi mungkin satu atau dua hari lagi bisa kita dapatkan hasilnya. Kalau gak Senin atau Selasa lah," ucapnya, Minggu (28/6/2020).

Sementara untuk hasil rapid test sebanyak yang diikuti sebanyak 160 pedagang dan warga lainnya, disampaikan Zaini semunya nonreaktif atau tidak terpapar virus corona.

"Rapid test diikuti sebanyak 160 orang, semuanya nonreaktif," ungkapnya.

Rapid test dan swab test secara massal yang digelar Dinas Kesehatan Pekanbaru dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Pasar Agus Salim, merupakan salah satu upaya untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG).

Karena pada pandemi gelombang kedua, rata-rata warga yang berkontak dengan pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 tidak lagi menunjukkan gejala umum seperti demam tinggi disertai batuk dan sesak nafas.

"Yang kontak ini rata-rata orang tanpa gejala," sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pekanbaru Maisel Fidayesi. (abd)