Positif Corona di Pekanbaru Bertambah 1 Kasus, Pasien Sempat Menolak Diisolasi

Senin, 29 Juni 2020 - 20:31:43 WIB

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi

Betuah Pekanbaru - Sempat nihil sejak dua hari terakhir, positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Pekanbaru, Senin (29/6/2020) kembali bertambah 1 kasus.

"Tambahan 1 kasus konfirmasi positif hari ini yakni Nyonya GS, usia 30 tahun dari Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya," ungkap Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Senin sore.

"Pasien GS ini berobat ke rumah sakit tanggal 26 Juni 2020 dengan keluhan nyeri tenggorokan, darah rendah, mual, muntah, dan lemas. Riwayat perjalanan tidak ada," ulas Mulyadi.

Oleh pihak rumah sakit, terang Mulyadi, pasien diminta menjalani rapid test atau pemeriksaan cepat Covid-19 dan hasilnya reaktif. Pasien kemudian dianjurkan untuk dirawat dan diisolasi, namun pasien menolak.

"Pihak rumah sakit awalnya melakukan pemeriksaan rapid test, hasilnya reaktif. Kemudian dianjurkan untuk dirawat, diisolasi, namun pasien menolak. Kemudian dilakukan pengambilan swab, hari ini didapatkan hasilnya positif. Pasien sudah dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Riau," ucapnya.

Selain itu, disampaikan Mulyadi juga jika hari ini terdapat 1 pasien positif corona yang sehat. Hanya saja, ia tidak merinci siapa dan dari klaster mana pasien yang sembuh tersebut.

"Dengan demikian, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Pekanbaru sampai hari ini berjumlah sebanyak 85 orang. Dimana 21 orang masih dirawat, 58 sembuh dan pulang, 6 orang meninggal dunia," ucap dia.

Sementara itu, dari data yang diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir saat memberi keterangan pers di Posko Penanganan Covid-19 di Gedung Daerah Riau, Senin (29/6/2020) sore, jumlah pasien positif yang sehat di Kota Pekanbaru pada hari ini bertambah sebanyak 2 orang.

Pertama yakni NP, perempuan usia 26 tahun, dan yang kedua YA, laki-laki usia 25 tahun. (abd)