Daya Tampung 45 SMPN di Pekanbaru Hanya 8 Ribu, Lulusan SD Capai 17.629 Orang

Selasa, 30 Juni 2020 - 14:16:58 WIB

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Ismardi Ilyas

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyatakan, 45 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Bertuah hanya bisa menampung sebanyak 8.000 peserta didik untuk tahun ajaran 2020/2021.

Dengan demikian, daya tampung 45 SMPN itu tidak sampai separoh dari total lulusan Sekolah Dasar (SD) tahun ini yang mencapai 17.629 orang.

Untuk itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Ismardi Ilyas, mengimbau orangtua agar tidak memaksakan anaknya masuk ke SMP negeri terutama calon peserta didik yang berada di luar zonasi.

"Kalau seandainya tidak masuk zonasi, jangan dipaksakan," pesannya, Selasa (30/6/2020).

Orangtua siswa, lanjut Ismardi, masih memiliki peluang menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah swasta mengingat di Kota Pekanbaru juga banyak terdapat sekolah swasta.

Menyikapi kekhawatiran besarnya biaya pendidikan di sekolah swasta apalagi kondisi ekonomi masyarakat saat ini tidak stabil akibat terdampak wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, Ismari mengaku jika pihaknya telah menyurati sekolah swasta.

Disampaikannya, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mengimbau kepada pihak sekolah swasta agar tidak memungut biaya pendidikan terlalu tinggi. (abd)