Dikira Hujan, Kawanan Semut Sedang Terbang Tertangkap Radar

Ahad, 19 Juli 2020 - 16:16:25 WIB

Kawanan semut terbang (warna biru) yang tertangkap radar cuaca Kantor Meteorologi Inggris. (Foto tangkapan layar Twitter @Met Office).

Betuah London - Kawanan semut yang sedang terbang di bagian tenggara, tertangkap radar cuaca Kantor Meteorologi Inggris. Awalnya, radar membaca kawanan semut tersebut sebagai cuaca hujan.

"Tidak hujan di London, Kent atau Sussex, tetapi radar kami mengatakan sebaliknya," tulis badan cuaca itu dalam sebuah tweet, seperti dikutip dari CNN, Minggu (19/7/2020).

Meski tangkapan radar seperti hujan, akan tetapi seorang ahli meteorologi dengan badan cuaca di negara itu mengatakan saat itu "kering, panas dan cerah". Kawanan semut itu terlihat di radar selama sekitar dua jam pada Jumat pagi.

"Satelit cuaca tidak menunjukkan cukup awan untuk menghasilkan hujan di daerah itu," katanya.

Mereka mencurigai serangga karena partikelnya tidak terlihat seperti tetesan hujan dan lebih panjang daripada lebarnya - seperti serangga.

Dugaan mereka dikonfirmasi ketika orang-orang di daerah itu mulai memposting tentang kawanan semut terbang tersebut dengan tagar #flyingants dan #flyingantday

"Ada juga laporan di sepanjang bagian timur negara itu yang tidak muncul di radar," ucapnya.

Migrasi semut telah menjadi tradisi pada musim panas di Inggris dan banyak orang menyebut penampilan tahunan mereka sebagai Hari Semut Terbang.

Fenomena ini terjadi ketika semut ratu muda, diikuti oleh jantan, meninggalkan sarangnya untuk berkembang biak dan memulai koloni baru. Menurut Royal Society of Biology (RSB) kondisi cuaca harus tepat, itulah sebabnya begitu banyak semut memilih lepas landas pada saat yang sama.

Menurut RSB mereka mungkin mengganggu, tetapi semut juga baik untuk lingkungan. Mereka meningkatkan kesuburan tanah dan menganginkan tanah sehingga lebih banyak air, oksigen dan nutrisi dapat mencapai akar tanaman dan berakhir sebagai makanan untuk burung dan predator lainnya.

Semut tidak berbahaya, jadi RSB menyarankan untuk mengabaikan mereka sampai mereka terbang sendiri. (red)