ASN Pemprov Riau akan Jalani Pemeriksaan Swab Massal 5 Agustus

Rabu, 29 Juli 2020 - 13:54:06 WIB

Ilustrasi pengambilan sampel swab. (foto facebook RSUD Rokan Hulu)

Betuah Pekanbaru - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, akan menjalani pemeriksaan swab atau pengambilan sampel lendir di bagian tenggorokan secara massal pada 5 Agustus mendatang.

Swab test secara massal akan dilakukan pasca adanya salah seorang ASN yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Selasa (28/7/2020).

Gubernur Riau Syamsuar, mengaku telah menyampaikan kepada seluruh OPD untuk menjalankan swab massal tersebut terhadap para ASN pada tanggal 5 Agustus 2020.

"Tanggal 5 Agustus akan melaksanakan swab massal terhadap seluruh pegawai. Untuk melihat sejauh mana penularan di lingkungan pegawai, setelah ada 1 pegawai kita yang positif Covid-19," ucapnya, Rabu (29/7/2020).

Menurut Gubri, tidak menutup kemungkinan masih ada di antara ASN yang terinfeksi namun tidak menjukkan gejala umum Covid-19. "Utu yang kita khawatirkan," tegasnya.

"Seandainya banyak pegawai yang kena, kita akan memberlakukan kembali jumlah ASN yang masuk kantor. Di kota besar-besar ada yang klaster kantor, ada kantor ASN atau kantor swasta," ulasnya.

"Karena saat ini saya melihat ada yang rapat, apel setelah apel kerumunan tak bisa dihindari. Jika terjadi penambahan, tentunya akan membuat kebijakan lagi pegawai masuk kantor secara bergiliran, tapi eselon tiga dan kepala OPD-nya tetap masuk kantor," lanjut Gubri.

Kepada masyarakat, ia juga mengimbau agar tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dengan selalu mematuhiprotokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

"Penularan Covid-19 hari ini sudah mencapai 400 orang lebih. Lebih kurang 100 orang masih dirawat dan yang meninggal dunia 13 orang. Ini karena peningkatan hasil swab, dan hasilnya baik secara mandiri dan kelompok kelihatan warga yang terkonfirmasi positif, bahkan ada orang tanpa gejala," tutupnya. (red)