37 Ribu Titik PJU di Pekanbaru akan Gunakan Smart Lighting

Jumat, 07 Agustus 2020 - 13:56:39 WIB

Petugas Dishub Pekanbaru tengah mengganti lampu PJU dengan lampu smart lighting.

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 37.133 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru, bakal menggunakan samrt lighting atau pencahayaan pintar yang dapat diredupkan, diatur dan diubah warna melalui aplikasi.

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Tengku Ardi Dwisasti mengatakan, pemasangan smart lighting itu akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan.

Hingga saat ini, disampaikan Ardi, sudah terdapat sebanyak 700 titik PJU yang telah menggunakan pencahayaan pintar tersebut.

Dari 700 titik tersebut, 67 di antaranya merupakan PJU di perkantoran terpadu Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya.

"Namun nantinya ditargetkan sebanyak  37.133 titik PJU  yang ada di seluruh wilayah Kota Pekanbaru segera akan memakai system smart lighting," ucap dia, Jumat (6/8/2020).

Ardi menerangkan, smart lighting sangat mempermudah pemantauan serta juga operasional PJU yang tersebar di Pekanbaru. Karena personel Dinas Perhubungan bisa mengetahui langsung dari control panel yang dipusatkan di kantor Dinas Perhhubungan setempat.

Selain itu, juga bisa dikontrol melalui handphone dengan aplikasi khusus untuk smart lighting yang dapat diakses oleh pejabat dan operator tertentu.

"Jadi, melalui HP kami bisa memadamkan PJU serta mengatur penerangannya. Misal ketika di atas pukul 00.00 WIB, pencahayaan PJU mulai dikurangi sampai nanti mati total disaat pagi," tutupnya. (abd)