Penumpang Rute Pekanbaru-Singapura akan Dikarantina di Dua Lokasi

Jumat, 04 September 2020 - 23:48:55 WIB

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi dan jajaran saat rapat gabungan bersama PHRI Riau dan KKP, Jumat (4/9/2020).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, mulai mempersiapkan dua lokasi karantina sementara bagi penumpang pesawat dengan rute Pekanbaru-Singapura.

Lokasi karantina sebagai antisipasi sebaran wabah Covid-19 ini seiring akan kembali dibukanya rute penerbangan Pekanbaru-Singapura mulai 17 September mendatang.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, dua lokasi karantina sementara yang disiapkan itu di antaranya Asrama Haji Riau dan satu lagi hotel yang belum ditentukan.

"Kita sudah persiapkan ini (lokasi karantina). Kta tidak hanya melibatkan unsur terkait, tapi juga PHRI dan KKP," ungkapnya usai rapat kordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Riau, Jumat (4/9/2020) sore.

Disampaikan Ayat, rapat yang digelar dengan PHRI itu merupakan tindak lanjut dari rapat bersama Gubernur Riau beberapa waktu lalu. 

Saat itu, sebut dia, Gubernur Riau Syamsuar bersama Forkopimda dan unsur terkait meminta masukan terkait kesiapan jelang dibukanya kembali penerbangan Singapura- Pekanbaru.

Untuk hotel yang akan dijadikan lokasi karantina, lanjut Ayat, masih menunggu keputusan PHRI. Mereka meminta waktu untuk menentukan satu hotel sebagai lokasi karantina bagi penumpang Singapura- Pekanbaru tersebutm

"Nantinya ada satu hotel bakal jadi lokasi karantina sementara. Rencananya cuma satu hotel untuk pengawasan," ucapnya.

Politisi PKS ini juga menyebut bahwa para penumpang pesawat Singapura- Pekanbaru bakal menjalani swab test setiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SKK) II sebelum masuk ke lokasi karantina yang disiapkan.

"Kita pastikan bagaiman penerbangannya aman. Jangan sampai ada klaster penerbangan luar negeri," tutup Ayat. (abd)