Pekanbaru akan Rekrut Tenaga Kesehatan Bantu Penanganan Covid

Rabu, 09 September 2020 - 17:34:17 WIB

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dalam waktu dekat akan melakukan penambahan tenaga kesehatan (nakes) guna membantu percepatan penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, tenaga kesehatan yang dibutuhkan saat ini terdiri dari dokter spesialis, perawat dan tim analis. Namun untuk total kebutuhan sendiri, disampaikannya masih dihitung.

"Kita berharap pekan depan sudah dapat angkanya dan dilakukan perekrutan," ucapnya, Rabu (9/9/2020).

Nakes yang akan direkrut, disebutkan walikota merupakan tenaga tambahan dengan status kontrak. "Nantinya tenaga kesehatan ini juga akan membantu untuk tracking (pelacakan) bagi kontak erat pasien positif Covid-19," ungkapnya.

Terpisah, Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pekanbaru dr Mulyadi menerangkan, tenaga kesehatan yang akan direkrut juga untuk memenuhi kebutuhan nakes di RSD Madani.

RSD Madani, kata dia, membutuhkan sebanyak 129 nakes untuk menangani pasien Covid-19.

"Tidak hanya untuk RSUD saja, nantinya juga akan ada penambahan nakes untuk ditempatkan di Dinas Kesehatan," jelas Mulyadi.

"Khusus di Dinas Kesehatan ada perekrutan untuk analis dan juga tenaga tracing, ini dalam rangka rotasi juga. Selain karena penambahan kasus juga karena kebutuhan tenaga juga meningkat," tutupnya menambahkan. (abd)